Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Komplain IDExpress

Cara Komplain IDExpress – Banyaknya pilihan jasa ekspedisi di Indonesia memang memudahkan konsumen mendapatkan layanan yang sesuai kebutuhan. IDExpress merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan beberapa layanan pengantaran barang seperti reguler, same dan IDLite (next day) .

Banyak orang mengenal IDExpress ketika berbelanja online di Shopee dan menggunakannya karena ongkirnya terjangkau. Memang kerjasama ID Express Shopee sudah berjalan cukup lama, namun pernahkan anda mengalami kendala saat pengiriman barang?

Seperti pada CARA KOMPLAIN GOSEND, konsumen diberikan fasilitas untuk menyampaikan keluhan terhadap layanan IDExpress. Beberapa orang mengalami masalah paket IDExpress tidak sampai sehingga menyebabkan ketidakpuasan dan ingin mengajukan komplain.

Meskipun IDExpress merupakan perusahaan besar namun kendala pengiriman kadang terjadi. Pastinya konsumen wajib melakukan cara komplain IDExpress yang baik dengan bahasa sopan supaya dilayani maksimal dan cepat selesai permasalahannya.

Lewat customer service ID Express anda bisa mendapatkan bantuan langsung bahkan bisa klaim ganti rugi apabila terjadi kerusakan paket. Karena sistem pelayanan IDExpress yang cukup baik anda bisa memanfaatkan call center, sosial media, live chat maupun mengunjungi kantor operasional terdekat.

Penyebab Komplain IDExpress

Kebanyakan jasa ekspedisi memberi asuransi atau jaminan pengiriman sehingga pelanggan bisa klaim kapan saja dibutuhkan. Ada berbagai penyebab mengapa konsumen melakukan komplain saat menggunakan layanan IDExpress beriktu ini yang sering dijumpai.

Penyebab Komplain IDExpress
  • Kurir tidak bisa menemukan alamat pelanggan karena tidak mengetahui lokasi desa, keluarahan, kecamatan, kabupaten maupun nama jalan.
  • Paket diberikan kepada orang yang salah sehingga menyebabkan pelanggan komplain.
  • Paketnya mengalami kerusakan dalam perjalanan sehingga pelanggan mengajukan komplain.
  • Keterlambatan pengiriman disebabkan karena gangguan dalam perjalanan seperti blokade, bencana alam dan lain sebagainya.
  • Kurir IDExpress menitipkan paket kepada tetangga rumah.
  • Paket hilang dijalan dan tidak dapat ditemukan.
  • Paketnya tertukar dengan konsumen lainnya sehingga membuat kesal.
  • Salah alamat pengiriman dengan status paketnya sudah sampai.

Cara Komplain IDExpress Online & Offline

Terdapat beberapa cara komplain IDExpress yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Pelanggan memang diberikan kebebasan untuk menyampaikan komplain selama 24 jam penuh menggunakan layanan sebagai berikut.

1. Cara Komplain via Call Center ID Express

Cara pertama adalah komplain langsung ke call center IDExpress melalui nomor telepon 24 jam. Kapan saja anda mengalami kendala bisa langsung menelpon customer service IDExpress, namun sebelumnya persiapkan pulsa yang cukup terlebih dahulu.

Call Center ID Express
  • Buka dial di HP anda kemudian tekan angka 021-80823899.
  • Panggil nomornya kemudian anda akan terhubung dengan call center.
  • Sampaikan komplain secara langsung.
  • Kemudian petugas akan meminta persyaratan seperti nama, nomor pelacakan, alamat dan juga nomor handphone.
  • Selanjutnya komplain anda akan ditangani.

2. Cara Mengakses Live Chat IDExpress

Kemudian cara berikutnya adalah memakai live chat secara online pada website resmi IDExpress. Kelebihannya pengguna dapat komplain secara gratis tanpa perlu membayar, persiapkan juga persyaratan sesuai apa yang diminta pada websitenya.

Live Chat IDExpress
  • Kunjungi laman Contact IDExpress lewat komputer atau smartphone.
  • Tekan tombol chat berwarna merah pada pojok kanan bawah.
  • Muncul live chat, silahkan gunakan untuk menyampaikan komplain secara langsung.

3. Komplain Melalui Sosial Media IDExpress

Berikutnya konsumen juga dapat komplain melalui akun sosial media IDExpress secara gratis. Anda bisa mengakses Facebook, Instagram maupun Twitter IDExpress untuk menyampaikan komplain langsung, cukup ikuti saja petunjuk dari adminnya.

Sosial Media IDExpress
Facebookfacebook.com/idexpressindonesia
Twittertwitter.com/idexpress_care
Instagraminstagram.com/idexpress_indonesia

Silahkan kirimkan pesan ataupun DM akun IDExpress kemudian sampaikan keluhan langsung kepada adminnya. Namun memang kelemahan jika komplain lewat sosial media tanggapan atau responnya agak lama jadi harap bersabar menunggu.

4. Komplain ke Kantor IDExpress

Cara terakhir anda dapat langsung mendatangi alamat kantor IDExpress terdekat di kota anda. Bawa semua bukti serta persyaratan untuk klaim asuransi pengirimannya, secara langsung petugas di tempat akan membantu menyelesaikan permasalahannya.

Komplain ke Kantor IDExpress

Mendatangi kantor IDExpress terdekat bisa menjadi solusi paling tepat ketika semua cara lainnya tidak berhasil dilakukan. Pelanggan juga bisa menanyakan secara jelas lokasi paket atau meminta bantuan khusus mengenai layanan IDExpress.

FAQ

Apa itu POD scan IDExpress?

POD scan adalah informasi yang menerangkan bawah paket sudah diantarkan langsung kepada penerima

Berapa lama pengiriman IDExpress?

Minimal 1 hari dan maksimalnya 7 hari kerja

Apa bisa komplain IDExpress lewat email?

Saat ini IDExpress tidak memiliki layanan email kepada pelanggan jadi anda dapat memakai opsi lainnya seperti sosial medaia atu live chat

Seperti CARA KOMPLAIN LION PARCEL, pelanggan memang harus menyiapkan bukti atau persyaratan yang dibutuhkan. Semoga dengan beberapa cara komplain diatas anda dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahan kiriman barang pada IDExpress.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Cek Resi IDExpress

Khalid
2 min read

Review ID Express

Khalid
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *