Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Paket Tiba di Hub Tujuan Artinya

Paket Tiba di Hub Tujuan Artinya

Paket Tiba di Hub Tujuan Artinya – Dalam proses pengiriman barang saat ini konsumen sudah diberikan fasilitas pelacakan resi online sehingga memudahkan untuk memantaunya. Setiap kali cek resi pastinya kalian menjumpai status pengiriman dimana akan berurutan mulai dari tangan pengirim sampai ke penerimanya.

Mungkin kalian pernah menjumpai status paket tiba di Hub tujuan dan kurang mengetahui artinya apa. Sebelumnya kamis udah membahas mengenai apa itu freight forwarding yang mana berhubungan dengan jasa pengriiman barang keluar negeri. Ketika pengirimannya juga menggunakan pelacakan sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh konsumennya.

Pada dasarnya status paket tiba di Hub tujuan memang dijumpai dibeberapa toko online maupun jasa ekspedisi. Misalnya paket tiba di hub tujuan Zalora artinya apa kurang lebih sama dengan yang ada di Lazada, Shopee maupun lainnya. Dalam proses kirim barang memang statusnya dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan perjalanan paketnya.

Sebagai konsumen kalian memang wajib tahu informasi pengirimannya agar mudah melacak posisi paket saat ini. Kemudian ketika terjadi permasalahan dalam pengirimannya maka kamu bisa komplain secara langsung. Fasilitas logistik dari tiap ekspedisi memang berbeda beda dimana akan disebutkan ketika kiriman paketnya berjalan.

Untuk istilah Hub memang dipakai oleh banyak pihak untuk memudahkan konsumen memahaminya. Jadi ketika paketnya berjalan pastinya akan masuk kedalam Hub yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Paket akan keluar masuk Hub yang ditampilkan pada status pengirimannya. Oleh karena itu kuriran.id akan membahas paket tiba di Hub tujuan serta artinya berikut ini.

Apa itu Hub?

Sebelum mengetahui paket tiba di Hub tujuan dan artinya kamu perlu paham terlebih dahulu apa itu Hub. Jadi Hub adalah gudang penyimpanan dimana memiliki fungsi menampung semua paket sebelum dikirimkan kelokasi ataupun kota berikutnya. Kemudian Hub lokasinya berada diberbagai wilayah Indonesia, biasanya ada di wilayah kabupaten ataupun provinsi dimana cakupannya memang luas.

Kemudian didalam Hub disebut juga sebagai gudang kota ataupun pusat transit dimana menangani seluruh paket yang berada diwilayah tertentu. Contohnya seperti Hub Jakarta, Hub Jogja, Hub Semarang ataupun daerah lainnya dimana terletak dikota besar. Hub juga beberapa ada yang memiliki fasilitas sortir sehingga memudahkan memisahkan paket berdasarkan lokasi tujuannya.

Sistem kerja Hub memang 24 jam menerima paket dari seluruh wilayah cakupannya. Namun untuk jadwal pengirimannya memang sudah diatur masing masing dimana akan ada perbedaan antara jasa kirim satu dengan lainnya. Untuk memastikan pengirimannya berjalan kalian dapat langsung cek resi ataupun hubungi customer service.

Paket Tiba di Hub Tujuan Artinya

Paket tiba di Hub tujuan artinya barang sudah sampai dilokasi gudang kabupaten ataupun provinsi. Jadi paketnya sudah sampai digudang kemudian masih menunggu proses untuk sortir serta dijadwalkan keberangkatannya kekota tujuan. Ketika Hub selesai memproses paketnya maka statusnya berubah diberangkatkan ataupun on process.

Jadi kalian jangan kawatir karena paket memang sedang dalam proses pengiriman dimana membutuhkan waktu sesuai estimasinya. Dapat dikatakan pengirimannya masih jauh karena harus melalui jalur hingga tiba di alamat konsumen. Tentunya konsumen harus sabar karena perjalanan paketnya masih setengah jalan.

Kemudian dari Hub asal paketnya akan diberangkat ke lokasi Hub tujuan dimana membutuhan waktu bervariasi. Barulah dari Hub kota tujuan maka paket di kirimkan ke cabang terdekat dari alamat penerima. Semuanya dapat dilacak dengan cepat melalui fasilitas cek resi dari toko online ataupun jasa ekspedisinya.

Berapa Lama Paket Tiba di Hub Tujuan

Lantas berapa lama paket tertahan di Hub? Mayoritas paket berada di Hub maksimal 1 hari kerja, hal ini sudah sesuai dengan standar kerja kebanyakan ekspedisi. Namun kenyataannya jika paket sampai dijam kerja maka akan diproses dan dikirimkan langsung dihari yang sama. Tapi apabila paket sampai malam hari maka dijadwalkan pengiriman keesokan harinya.

Jadi kalian tidak perlu kawatir paket tertahan di Hub terlalu lama karena proses didalamnya memang jalannya cepat. Tapi beda halnya ketika ada permasalah seperti pengiriman overload, paket hilang atau bahkan ada kesalahan petugas memasukkan informasi. Saat paket terlalu lama di Hub lebih dari 24 jam maka kalian segera hubungi jasa pengiriman ataupun toko online bersangkutan.

Setiap fasilitas pengiriman pastinya memiliki layanan call center dimana dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi paket secara realtime. Ketika ada permasalahan paket tiba di Hub namun tidak berjalan maka sesegera mungkin kontak call center agar mendapatkan penanganan langsung. Namun kebanyakan ekspedisi memang tidak dapat menerima pengambilan barang secara langsung.

Hub memang hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan dimana kebanyakan ekspedisi tak menyediakan fasilitas untuk pengambilan paket secara langsung. Apabila paket tiba di Hub tujuan kalian tidak dapat mengambil paket karena sudah sesuai kebijakan perusahaan. Namun ketika terjadi paket hilang akan menjadi tanggung jawab pihak jasa pengirimannya.

Akhir Kata

Ketika sudah paham paket diHub artinya apa maka kalian dapat lebih tahu mengenai alur pengirimannya. Kami juga sudah pernah membahas cara menolak paket COD J&T dimana dapat dilakukan oleh konsumen. Jadi ketika paket tiba di Hub tujuannya karena alasan tertentu konsumen dapat meminta pembatalan sesuai prosedur serta aturan berlaku.

Selain itu mengetahui paket tiba di Hub tujuan artinya juga memudahkan dalam melacak kiriman barang. Setiap cek resi pasti akan muncul statusnya sehingga kamu tidak perlu bingung lagi artinya. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat jadi referensi serta gambaran.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *