Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Arti Shipping Dalam Pengiriman

Arti Shipping Dalam Pengiriman

Arti Shipping Dalam Pengiriman – Pada proses pengiriman barang memang sudah sewajarnya konsumen mengetahui urutan dan juga status pelacakan. Seringkali ketika pengiriman terjadi kita mendengar kata shipping dimana dikaitkan dengan proses perjalanan barang. Pemakaian kata shipping pun berbeda beda artinya sehingga mungkin membingungkan sebagian pihak.

Pengiriman memang ada berbagai macam jenisnya mulai dari toko online, ekspor, impor, kargo, regular, instan serta banyak lainnya. Misalnya ketika memakai JASA PENGIRIMAN UANG, shipping bisa saja berarti proses transfer dimana menggunakan fasilitas perbankan dan keuangan. Makna arti shipping memang cukup luas sehingga perlu dipilah pilah satu per satu.

Sebagai pengguna yang awam mungkin masih bingung karena maksud penggunaan arti shipping memang berbeda beda. Pada nyatanya dalam pengiriman memang akan bergantung kepada konteks dimana istilah shipping dipakai, jika pada kegiatan ekspor impor maka bisa jadi artinya barang diberangkatkan dari negara asal ke tujuan.

Seperti yang kalian tahu dalam pengiriman terdapat beberapa jalur meliputi darat, udara maupun laut dimana menawarkan pelayanan berbeda. Meskipun masih memiliki tujuan sama yaitu mengirim barang namun metodenya akan berbeda.

Sebenarnya arti shipping dalam pengiriman cukup sederhana, namun karena banyak yang menggunakannya maka ada sedikit pergeseran makna dimana akan berpengaruh. Pembahasan lebih jelas mengenai arti shipping dalam pengiriman sudah Kuriran.id rangkum dibawah ini.

Arti Shipping Dalam Pengiriman

Arti shipping dalam pengiriman adalah proses memindahkan fisik barang yang berasal dari tempat satu ke tempat lain ataupun titik ke titik lainnya. Jadi shipping juga tergolong kedalam beberapa aktivitas seperti memindahkan barang ke gudang, lokasi sortir, kurir dan alamat penerimanya. Shipping pada umumnya dilakukan oleh jasa ekspedisi ataupun kargo logistik yang mengirimkan barang kelokasi tujuan.

Selain arti shipping dalam pengiriman terdapat makna lain, hal ini karena pergeseran arti yang digunakan pada aktivitas ataupun kegiatan tertentu. Apalagi ketika sudah masuk kedalam layanan khusus dari pihak pengirim tertentu bisa jadi arti Shipping akan mengalami perubahan, oleh karena itu silahkan kalian pahami pengetiannya sebagai berikut.

  • Arti shipping di Tokopedia : mempunyai arti pesanan sedang dalam pengiriman oleh jasa kurir. Jadi pihak Tokopedia sudah menyerahkan paket/barang kepada jasa ekspedisi.
  • Arti shipping dalam online shop : mempunyai arti proses pengiriman barang dari tangan penjual ke pembeli. Pengiriman online shop memang bisa dengan cara COD (Cash on Delivery) ataupun dikirimkan melalui kurir ekspedisi.
  • Arti shipping JNE : dalam pengiriman JNE shipping adalah proses kirim paket yang terdiri dari pickup, forwaded dan received. Untuk Shipment Picked Up By JNE Courier memiliki arti barang sudah diambil kurir, Shipment Received By JNE counter artinya paket sudah diterima di kantor JNE oleh petugas dan Shipment Forwarded To Destination artinya paket sudah dikirimkan dari kantor ke kota tujuan.
  • Arti shipping SiCepat : adalah barang dalam proses pengiriman menuju ke kota tujuan

Dari tiap arti shipping bisa sedikit dibedakan pada prosesnya dimana tiap penyedia layanannya akan melakukan aktivitas tertentu. Jadi ketika ada informasi mengenai status shipping maka secara langsung kalian dapat mengerti apa maksud yang sebenarnya.

Beberapa Istilah Shipping Dalam Pengiriman

Mungkin kalian masih bingung arti shipped dalam pengiriman ataupun istilah lainnya yang berkaitan dan sering muncul. Shipping memang mempunyai beberapa istilah dimana digunakan untuk menandai aktivitas, kegiatan ataupun transaksi yang terjadi. Jadi supaya tidak bingung kami akan menjelaskan satu persatu istilah yang berkaitan dengan shipping sebagai berikut.

Status Shipping Artinya

Singkatnya status shipping memiliki arti paket sudah dikirimkan dari pengirim, gudang, tempat transit, bandara, stasiun, pelabuhan maupun lokasi lainnya. Jadi kamu tidak perlu bingung ketika menjumpai statusnya saat cek resi atau pelacakan online karena dipastikan barangnya sudah diberangkatkan dari lokasi asal.

Shipping Fee Artinya

Shipping fee adalah biaya pengiriman atau sering dikenal dengan istilah ongkir. Jadi ketika menggunakan layanan ataupun jasa pengiriman pastinya penggunanya wajib membayar sesuai tarif yang ditentukan. Besar atau kecilnya fee bergantung kepada jarak pengiriman, berat paket, layanan yang digunakan ataupun service tambahan.

Shipping Order Adalah

Shipping order merupakan surat atau dokumen yang dibuat oleh shipper dimana ditujukan kepada carrier untuk mengirimkan barang dengan informasi jenis, berat, volume, jumlah serta nama barangnya. Sering juga disebut Shipping Instruction dimana akan menjadi perintah resmi yang membuat permintaan pengiriman akan dilakukan.

Akhir Kata

Pada dasarnya arti shipping dalam pengiriman memang cukup mudah dipahami, namun kamu harus bisa membedakan konteks penggunaannya. Contohnya pada ARTI STATUS PENGIRIMAN ZALORA dimana berfokus pada proses perjalanan paket dari seller sampai ke konsumen melalui jasa ekspedisi. Sekian penjelasan dari kami, semoga akan membantu kalian memahami arti shipping dalam pengiriman.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.