Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Apa itu Freight Forwarding

Apa itu Freight Forwarding

Apa itu Freight Forwarding – Didalam dunia logistik berkaitan erat dengan perdagangan dimana setiap harinya ada barang keluar masuk Indonesia. Terlebih pada aktivitas export maupun import dimana terus dilakukan sampai saat ini. Kamu mungkin pernah mendengar istilah freight forwarding namun kurang memahami apa itu arti serta maknanya.

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai apa itu Paxelmarket, dalam kesempatan kali ini topiknya seputar freight forwarding. Pada dasarnya memang freight forwarding berhubungan erat dengan jasa kirim barang namun cakupannya lebih luas. Terlebih sampai saat ini ada cukup banyak perusahaan freight forwarding yang menawarkan banyak jasa serta fasilitas untuk memudahkan pengiriman barang.

Dapat dikatakan soal layanan, freight forwarding memang lebih banyak menawarkan fasilitas apabila dibandingkan ekspedisi biasanya. Cakupannya juga lebih luas karena juga menangani barang import ataupun export sehingga sangat penting. Tak hanya untuk kebutuhan bisnis, bahkan layanannya bisa juga dimanfaatkan untuk pribadi atau personal sesuai pesanan.

Kemudian jenis layanannya juga termasuk lengkap karena dapat mencakup perpajakan, kelengkapan dokumen, ijin serta banyak lainnya. Disamping itu pilihan pengirimannya juga dapat melalui jalur darat, udara maupun laut sehingga jauh lebih memudahkan konsumennya. Jadi memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya akan jauh lebih mudah dan cepat.

Nantinya perusahaan freight forwarding akan mengatur seluruh aktivitas pengirimannya, sehingga kalian hanya tinggal memantau dan menunggu selesai. Lebih lengkapnya mengenai informasi apa itu freight forwarding, fungsi, tugas serta contoh perusahaannya silahkan simak rangkuman kuriran.id dibawah ini.

Apa itu Freight Forwarding

Freight forwarding adalah perusahaan yang memberikan jasa untuk mengurus pengiriman paket dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Freight forwarding akan menangani seluruh aktivitas mulai dari export, import, shipping, consignee, administrasi dokumen, perijinan, pajak dan masih banyak lainnya. Perusahaannya juga menawarkan pengriiman melalui jalur darat, laut serta udara dimana akan ditangani sesuai prosedur berlaku.

Tentunya ketika menggunakan layanannya akan dijamin keamanannya, jauh lebih efisien serta mampu menghemat biaya. Freight forwarding juga mengikuti atura pemerintah sebagai pengurus maupaun penyelenggara jasa transportasi baik kirim ataupun terima barangnya. Jadi layananya termasuk lengkap dan banyak variasinya karena dapat dengan mudah dipilih oleh pelanggan. Sehingga pelayanannya tidak sekedar kirim barangnya saja namun juga mencakup sistem didalamnya.

Fungsi & Kegunaan

Terdapat beberapa fungsi dan kegunaan dimana secara langsung berpengaruh pada proses pengirimannya. Pastinya proses pengirimannya jauh lebih mudah dengan estimasi waktu sampai singkat. Disamping itu pengirimannya dapat berjalan cepat, kemudian soal layanan maupun ongkirnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa manfaat lainnya.

  • Perantara dimana mengatarkan paket pengirim ke penerimanya.
  • Sebagai Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau disingkat EMKL dimana menyediakan jasa pelayaran, kepabeanan serta kiriman door to door.
  • Menyediakan alat transportasi untuk mengantarkan barangnya sampai lokasi tujuan.
  • Penyelenggara pengiriman dari lokasi asal ke tujuan sesuai perintah konsumen.

Apa Saja Tugas Freight Forwarding?

Pada dasarnya forwarder bisa saja mengirimkan barang dari pedagang ataupun konsumen dengan tujuan luar negeri. Kemudian perusahaannya juga memfasilitasi aktivitas pengiriman ke luar negeri. Berikutnya pengurusan bea cukai maupun pajak juga akan ditangani dengan baik. Kemudian sesudah mengenal apa itu freight forwarder silahkan simak beberapa tugas serta tanggung jawabnya dibawah ini.

1. Mengatur Pengiriman

Perusahaan forwarder mempunyai tugas untuk mencari rute terbaik dengan waktu perjalanan paling singkat demi menghemat biaya. Kemudian perusahaannya akan mengatur jenis alat transportasi apa yang cocok digunakan. Lalu dapat disesuaikan dengan jenis muatan LCL(less than container load) ataupun FLC (full container load).

2. Mengurus Dokumen & Ijin

Berikutnya perusahaannya akan bertugas mengurus semua dokumen serta perijinan. Jadi konsumen tinggal menyerahkan data pengirimannya kemudian sisanya diurus forwarder. Hal ini termasuk ijin perdagangan, kepabeanan, maupuin perpajakan.

3. Pemeriksaaan

Forwarder akan secara langsung memeriksa barang ketika sudah diterima dari konsumen. berikutnya barangnya akan disortir kemudian ditimbang maupun diukur supaya mendapatkan data lengkap. Berikutnga barang akan dipacking dan dipastikan keamanannya, sebelum dijadwalkan keberangkatannya barangnya disimpan difasilitas gudang.

4. Memberikan Pelayanan Kepada Konsumen

Berikutnya untuk tugas utamanya memberikan pelayanan kepada konsumen. Hal ini bisa berupa pengurusan klaim asuransi ketika ada kerusakan ataupun barang hilang. berikutnya mengantarkan barang sampai kelokasi tujuan serta bertanggung jawab dalam apa itu semua prosesnya. Kemudian memperhitungnya semua airwaybill, maupun biaya transportasi lainnya. Kemudian memberikan layanan yang diminta konsumen serta melakukan pengurusannya sesuai prosedur.

Contoh Perusahaan Freight Forwarding di Indonesia

Apabila sudah mengenal apa itu freight forwarding serta fungsinya mungkin diantara kalian penasaran apa saja contoh perusahaannya. Saat ini terdapat beberapa perusahaan besar dimana menawarkan pelayanan dibeberapa wilayah Indonesia mencakup Deliveree, Linc Group, JAS Forwarding Worldwide, Damco Warehousing Indonesia, Prima Cargo serta Kamadjaja Logistics.

Masing masing freight forwarding menawarkan banyak jenis layanan untuk memudahkan proses kirim barang keluar negeri. Kemudian kalian juga bisa meminta layanan tambahan sesuai kebutuhan maka akan dipenuhi sesuai dengan aturan serta prosedur berlaku.

Akhir Kata

Kami sudah pernah membahas cara menghubung pihak ekspedisi TiKTok Shop, demikian pula dengan freight forwarding dimana membuka jalur komunikasi selama 24 jam penuh. Ketika sudah mengenal perusahaan forwarder maka akan semakin memudahkan kalian dalam melakukan aktivitas export maupun import.

Selain itu ketika memahami apa itu freight forwarder maka membuat kamu jadi lebih mudah tahu akan fungsi serta tugasnya. Jadi konsumen akan diuntungkan karena untuk seluruh penyelenggaran kemudian aktivitas pengirimannya dilakukan forwader sepenuhnya.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *