Ciri Ciri Paket Hilang

Ciri Ciri Paket Hilang – Ketika menggunakan jasa ekspedisi terkadang kita menjumpai masalah seperti paket rusak bahkan sampai hilang. Sebagai konsumen tentunya merasakan kecewa karena barang yang dibeli atau dikirimkan tidak dapat diterima. Penting halnya tahu ciri ciri paket hilang supaya kalian dapat mengambil langkah terbaik agar tidak mengalami kerugian.

Misalnya kalian sudah melakukan cara mengaktifkan COD di Tokopedia lewat HP namun ternyata paketnya hilang pastinya merasa kesal. Akan lebih baik apabila kalian menyelidiki penyebab paket hilang sehingga dapat tahu ciri cirinya. Pada dasarnya resiko barang hilang memang dapat saja terjadi, oleh karena itu selalu gunakan asuransi yang disediakan jasa ekspedisi untuk menghindari kerugian.

Setiap konsumen pastinya memiliki rasa kawatir ketika paket lama tidak kunjung sampai. Bisa jadi paket hilang dalam perjalanan sehingga tidak sampai kelokasi tujuan. Apalagi ketika isi barangnya memiliki nilai tinggi ataupun dibeli dengan mahal pastinya konsumen tidak ingin rugi. Terlebih jika ada kesalahan dalam penulisan alamat ataupun nama penerimanya maka kemungkinan hilang akan lebih besar.

Selain itu penyebab barang hilang juga dapat karena kesalahan pihak ekspedisi dalam menanganinya. Seringkali dijumpai paketnya hilang saat perjalanan ataupun di fasilitas logistik sehingga merugikan konsumen. Apabila kalian berbelanja dari toko online memang ada jaminan uang kembali ketika barangnya tidak sampai. Demikian pula dengan pengiriman ekspedisi biasa antar konsumen ke konsumen.

Setiap ekspedisi tentunya memiliki call center dimana dapat dihubungi selama 24 jam. Kalian dapat memanfaatkan call centernya untuk melacak paket, ketika dipastikan hilang bisa mengajukan klaim asuransinya. Agar kamu tidak bingung kuriran.id sudah merangkum beberapa ciri ciri paket hilang sebagai berikut.

Ciri Ciri Paket Hilang

Berdasarkan dari pengalaman paket hilang terdapat beberapa ciri yang dapat kalian amati. Paling tidak kamu harus paham proses pengiriman ekspedisi dimana paket akan dikirimkan melalui cabang logistik. Jadi ketika pengirim sudah menyerahkan paketnya maka perjalanan akan dilakukan dari satu cabang ke cabang lainnya hingga sampai kelokasi terdekat dari penerimanya.

Karena melalui banyak fasilitas logistik bisa jadi barang yang dikirimkan hilang ditengah jalan atau bahkan mengalami kerusakan. Resiko ini memang sudah menjadi pengetahuan umum, bahkan tiap jasa pengiriman pasti mengalami barang hilang. Untuk tahu ciri ciri paket hilang kamu bisa simak penjelasannya dibawah ini.

1. Status Paket Hilang Ketika Cek Resi

Ciri ciri pertama adalah saat kalian melakukan cek resi muncul pesan paket hilang atau bahkan statusnya tidak bergerak sama sekali. Kadangkala tampil status pesanan terkirim namun nyatanya paket tidak diterima, hal ini juga jadi tanda bahwa barangnya hilang. Paling sering penyebabnya karena hilang ketika dibawa kurir ataupun pada fasilitas logistik.

2. Estimasi Waktu Lebih Lama

Ciri selanjutnya ketika estimasi waktu pengirimannya memakan waktu lebih lama dibandingkan yang dijanjikan. Pada umumnya paket akan dikirimkan dalam waktu 1 sampai dengan 7 hari kerja menyesuaikan jaraknya. Ketika melebihi batas waktunya bahkan sampai berbulan bulan maka dipastikan bahwa paket kalian hilang dan tidak ditemukan.

3. Tidak Ada Tanda Bukti Paket Dikirim

Pada ekspedisi atau toko online tertentu sudah dibekali dengan bukti kirim barang yaitu berupa tanda tangan penerima dan juga foto paket serta resinya. Ketika kalian tidak menjumpai adanya bukti pengirimannya maka dipastikan paketnya hilang. Kamu bisa memeriksanya terlebih dahulu dari fasilitas yang disediakan untuk memastikannya.

4. Kemasan Paket Rusak

Lalu ciri ciri paket hilang berikutnya adalah kemasannya mengalami kerusakan sehingga isinya kosong. Dengan pelindung kemasan yang rusak atau berlubang maka akan membuat isi paket hilang ketika dalam perjalanan. Saat kalian menerima paket rusak maka dapat komplain langsung kemudian meminta ganti rugi.

5. Paket Ditahan di Bea Cukai

Selanjutnya paket ditahan bea cukai karena tak mempunyai ijin serta dokumen pendukungnya. Hal ini bisa disebabkan oleh jasa forwarder yang digunakan memang tidak mempunyai ijin resmi. Jadi untuk memprosesnya akan cukup sulit mengingat jasa pengirimannya ilegal sehingga kemungkinan besar paket kalian akan hilang atau disita.

6. Paket Sampai Di Alamat Berbeda

Selanjutnya ketika kamu melakukan cek resi namun paketnya sampai dialamat berbeda maka bisa jadi ciri paket hilang. Penyebabnya karena pihak ekspedisi salah kirim atau bahkan paketnya tertukar. Ketika penerima paketnya tidak mau mengembalikannya maka kemungkinan besar kalian tak akan menerima barangnya. Penyebab lainnya bisa juga karena kamu salah memasukkan alamat, nama dan kontak HP sehingga dikirimkan kelokasi lainnya.

7. Pihak Ekspedisi Menyatakan Paket Hilang

Ciri terakhir ketika kamu mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa paket tidak ditemukan. Biasanya pihak jasa kirim akan mengabari kalian lewat SMS, WhatsApp, email atau telepon dimana memberitahukan paket hilang serta tak diketemukan. Disini kamu bisa langsung mengajukan komplain agar mendapatkan ganti rugi.

Apa yang Terjadi Jika Paket Hilang?

Ketika paket dinyatakan hilang maka pengiriman tidak dapat dilanjutkan dimana kalian harus konfirmasi kepada jasa ekspedisi. Konsumen wajib memastikan apa sebab paket hilang kemudian mengetahui apakah kesalahannya berasal dari pihak ekspedisi atau konsumen itu sendiri.

Lantas paket hilang tanggung jawab siapa? Ketika kesalahan dari pihak ekspedisi maka kalian dapat klaim garansi atau asuransi. Sedangkan apabila kesalahan dari pengirimnya maka beberapa jasa kirim ada yang bertanggung jawab dan bahkan tidak. Jadi usahakan kalian memastikan penyebabnya agar mendapatkan kejelasan ganti rugi.

Cara Melacak Paket yang Hilang

Lantas bagaimana cara melacak paket yang hilang? Langkah pertama kamu bisa melakukan cek resi terlebih dahulu menggunakan fasilitas yang disediakan. Dari cek resi akan terlihat status pengirimannya. Ketika ada ciri ciri paket hilang maka kalian dapat menghubungi call center ekspedisi yang digunakan kemudian menanyakan kepastikan pengiriman paketnya.

Nantinya pihak ekspedisinya akan melakukan penyelidikan dan validasi. Pencarian akan dilakukan dengan mengecek seluruh jalur perjalanan yang dilewati paket. Apabila diputuskan kesalahan dari ekspedisinya maka kamu bisa mengajukan klaim ganti rugi. Untuk syaratnya meliputi alamat, nomor HP, KTP pengirim dan penerima serta nomor resinya. Agar mendapatkan bantuan kamu bisa kontak ekspedisinya sebagai berikut.

EkspedisiCall CenterEmail
JNE(021)29278888customercare@jne.co.id
Pos Indonesia1500161 
TIKI1500125csr@tiki-online.com
SiCepat02150200050customer.care@sicepat.com
Ninja Xpress+622129264120support_id@ninjavan co
Wahana(+62)217341688info@wahana.com
J&T Express02180661888jntcallcenter@jet.co.id
AnterAja(021)50603333cs@anteraja.id

Akhir Kata

Kami juga sudah menjelaskan apa itu transit paket dimana bisa jadi salah satu penyebab pengirimannya lama. Dari ciri ciri paket hilang diatas kamu bisa dengan mudah tahu tanda ketika memang barangnya tidak ditemukan oleh pihak ekspedisinya.

Dengan ciri ciri paket hilang diatas kamu juga bisa langsung kontak call center kemudian menanyakan langsung. Selain itu apabila dikonfirmasi paket hilang kalian dapat dengan mudah mengajukan klaim asuransi paket.