Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Percobaan Pengiriman Paket Gagal – Ketika berbelanja online atau mengirimkan barang sering terjadi percobaan pengiriman gagal karena berbagai alasan. Sebagai konsumen pastinya ingin paket cepat sampai, kenyataannya kendala pengiriman seringkali menyebabkan pengiriman gagal dilakukan sehingga mengecewakan.

Yang sering terjadi adalah percobaan pengiriman paket gagal di Shopee karena tiap harinya banyak transaksi serta aktivitas ekspedisi terjadi. Kita dapat mengetahui pengiriman gagal dari status setelah melakukan cek resi. Seperti pada ARTI STATUS PENGIRIMAN TIKTOK SHOP dimana juga menampilkan hal yang sama ketika gagal dilakukan.

Percobaan pengiriman paket gagal dapat dijumpai secara langsung pada marketplace online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak serta lainnya. Demikian pula pada jasa ekspedisi yang digunakan seperti J&T, JNE, Si Cepat, Ninja Xpress, POS Indonesia, Shopee Express, Anteraja maupun jasa kirim lainnya.

Ketika pengiriman sudah gagal maka akan pada umumnya akan dijadwalkan ulang kembali dikeesokan harinya. Sebagai penerima paket juga harus siap sedia untuk mendapatkan kabar dan berada pada alamat pengirimannya. Bisa jadi karena penerima tidak ada ditempat maka pengiriman dianggap gagal dilakukan.

Penyebab gagal kirim paket memang akan berbeda beda dan kemungkinannya luas. Sebagai konsumen kalian haruslah cermat serta memiliki pengetahuan penyebab dan cara mengatasinya. Karena bisa jadi semua bersumber dari diri sendiri yang tidak menanggapi kabar dari kurir.

Pengertian Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Percobaan pengiriman paket gagal adalah kondisi dimana kurir sudah berusaha mengantar barang namun tidak sampai ke penerima. Notifikasi pengiriman gagal dijumpai ketika konsumen melakukan cek resi kemudian statusnya muncul. Kejadian ini memang sudah sewajarnya terjadi karena berbagai jenis alasan.

Berikutnya percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok sehingga kaliaan dapat merasa tenang. Bisa jadi paket belum dikirimkan, tertahan di kantor ekspedisi, jam operasional sudah tutup, penerima tidak bisa ditemui ataupun kurir memang belum mengirimkannya.

Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Bagi yang masih bertanya percobaan pengiriman paket gagal apakah akan dikirim lagi, jawabannya adalah iya dimana pihak ekspedisi akan menjadwalkan ulang pengirimannya. Jadi paket akan dikirimkan paling sering keesokan harinya mengikuti jam operasional cabang serta kurirnya.

Lantas kenapa kenapa percobaan pengiriman paket gagal lazada ataupun lainnya dapat terjadi? Untuk mengetahui penyebab percobaan pengiriman paket gagal simak pembahasan Kuriran.id seperti dibawah ini.

1. Percobaan Pengiriman Paket Gagal Karena Lewat Jam Operasional

Penyebab yang paling sering terjadi adalah pengiriman tidak dapat dilakukan karena sampai ke drop point ketika sudah tutup atau lewat jam operasionalnya. Kemudian paket akan disimpan pada cabang ekspedisi untuk menunggu jadwal pengiriman keesokan harinya.

Hal ini wajar terjadi karena seringkali paket sampai ke drop point sore bahkan malam hari. Tentunya kurir pengiriman sudah tidak lagi beroperasi ketika malam sehingga harus menunggu besoknya untuk paket diantarkan.

2. Penerima Paket Tidak Berada Pada Alamat

Pengiriman gagal juga sering disebabkan oleh penerima yang tidak ada dialamat sehingga menyebabkan kurir tidak dapat menyerahkan paketnya. Memang kadang ada kurir yang menitipkan paket ke tetangga, menaruhnya didepan rumah atau bahkan melewati pengiriman karena tak menjumpai orang.

Kesalahan penerima bisa jadi penyebab percobaan pengiriman gagal, pastinya kalian harus siap sedia ketika pelacakan paketnya sudah dekat. Sekali lagi cek notifikasi handphone apakah ada kabar dari kurirnya.

3. Alamat Tidak Dapat Ditemukan

Berikutnya adalah alamat tidak dapat ditemukan karena penulisan yang salah ataupun memang kesalahan input sistem. Bisa jadi karena alamatnya tidak lengkap paket tidak terkirim, jadi usahakan selalu lengkapi semua informasi penerima.

4. Penerima Menolak Paket

Percobaan pengiriman juga dapat terjadi ketika penerimanya menolak untuk menerima paket. Hal ini sering terjadi pada sistem COD dimana karena barang tidak dianggap layak ataupun mengalami kerusakan. Dengan penolakan dari penerimanya maka membuat pengirimannya gagal dilakukan.

5. Terjadi Pengiriman Overload

Sebab lainnya adalah adanya pengiriman overload dimana pihak marketplace ataupun ekspedisi tidak dapat mengirimkan paket secara tepat waktu. Seringkali pada event tertentu seperti diskon besar besaran, hari raya, libur panjang ataupun akhir tahun pengirimannya terganggu. Hal ini karena pihak pengiriman kelebihan paket serta tidak mampu melakukan pengantarannya secara tepat waktu.

6. Nomor Telepon Tidak Dapat Dihubungi

Nomor HP yang tidak aktif ataupun jaringan bermasalah juga jadi penyebab mengapa kiriman gagal dilaklukan. Sudah jadi kewajiban kurir menghubungi penerima paket ketika akan mengantarkannya. namun jika nomor tidak dapat dihubungi maka menyebabkan gagal kirim karena tidak ada konfirmasi.

7. Paket Diambil Sendiri

Saat paketnya sudah diambil pihak penerima secara langsung di lokasi drop point maka secara otomatis sistem akan mendeteksi bahwa pengirimannya gagal. Meski begitu konsumen tidak akan merasa rugi karena bisa mendapatkan paket secara cepat, meskipun belum saatnya.

8. Packing Bermasalah

Ketika pengirim barang mengemas barang dan tidak sesuai standar maka akan mempengaruhi pengirimannya. Pada umumnya membutuhkan waktu untuk pihak ekspedisi melakukan packing ulang kemudian baru mengirimkannya. Ataupun seringkali terjadi kemasan paket rusak ditengah jalan sehingga membuat pengantaran gagal dilakukan.

9. Salah Kirim Paket

Lalu paling sering terjadi adalah salah kirim paket ke alamat lainnya sehingga tidak dapat sampai ataupun gagal pengantarannya. Pihak kurir tentunya harus mengambil paket yang salah kirim kemudian mengantarkannya lagi ke tujuan yang sebenarnya. Bisa juga penerimanya sudah pindah alamat sehingga kurirnya tidak dapat menemukannya.

10. Kurir Membawa Banyak Paket

Percobaan kiriman paket gagal juga paling sering disebabkan oleh kurir yang membawa banyak paket dan tidak dapat menyelesaikan pengantarannya. Karena alasan terlalu sore maka paket kalian akan dibawa kembali ke kantor ekspedisi dan dijadwalkan keesokan harinya.

11. Perubahan Jadwal Pengiriman Paket

Kantor cabang ekspedisi seringkali merubah jadwal pengiriman paket sehingga menyebabkan kiriman gagal dilakukan. Lalu percobaan pengiriman paket gagal dilakukan besoknya dengan jadwal baru yang sudah diatur ekspedisi.

12. Paket Hilang

Lalu sebab lainnya mengapa percobaan pengiriman paket gagal adalah karena hilang ditengah jalan. Kadang paket bisa hilang pada perjalanan, lokasi transti, cabang, pusat sortir ataupun fasilitas logistik. Kalian pastinya harus secepatnya melakukan klaim ganti rugi.

13. Salah Kode Pengiriman

Kemudian pengiriman dapat gagal karena memang ada kesalahan sistem dalam memasukkan kode paketnya. Misalnya paket yang seharusnya memakai layanan express justru berubah jadi regular sehingga membuat estimasinya berubah.

14. Permintaan Perubahan Waktu Dari Konsumen

Seringkali percobaan pengiriman paket gagal Lazada ataupun marketplace lainnya terjadi karena permintaan konsumen yang mengubah waktu pengantarannya. Pada umumnya permintaan perubahan jadwal dilakukan ke kurir atas komunikasi melalui handphone. Lalu statusnya tampil percobaan pengiriman paket gagal sudah reschedule.

15. Kendala Pengiriman Ekspedisi

Kemudian percobaan pengiriman paket gagal J&T atau ekspedisi lainnya dapat terjadi karena masalah seperti bencana alam, penutupan jalan, perubahan rute ataupun kejadian lain diluar dugaan. Pastinya konsumen harus sabar menunggu paket untuk sampai tujuan.

Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Saat sudah mengetahui sebab percobaan pengiriman paket gagal Shopee Express maupun ekspedisi lainnya maka kalian dapat mengambil langkah. Pastinya diawal kalian harus memastikan bahwa memang kendala terjadi karena kesalahan toko online atau ekspedisi, serta bukam berasal dari diri sendiri. Kemudian barulah dapat mengambil tindakan komplain untuk memperjelas pengirimannya.

  • Pertama silahkan cek resi kemudian pastikan penyebab pengiriman gagal
  • Ketika masalah berasal dari jasa pengiriman maka silahkan komplain ke call center yang sudah disediakan. Tanyakan secara langsung posisi paket ada dimana
  • Saat sumbernya dari toko online maka gunakan live chat ataupun bantuan call center untuk mendapatkan informasi paket
  • Sesudah mengajukan komplain usahakan mengetahui informasi dimana paket tertahan
  • Datangi kantor ekspedisi dimana paket ditahan kemudian ambil sendiri, syaratnya cukup dengan nomor resi dan juga KTP
  • Namun jika paket sudah dibawa kurir maka hubungi nomornya kemudian minta pengiriman dilakukan secepatnya

Akhir Kata

Pada masalah percobaan pengiriman paket gagal Si Cepat ataupun ekspedisi lainnya memang penyebabnya sama sehingga kalian akan mendapatkan gambaran. Seperti misalnya pada BERAPA LAMA PENGIRIMAN REX, ketika tidak sampai sesuai estimasi maka pelanggan berhak mengajukan komplain kemudian mendapatkan ganti rugi.

Namun jika kesalahan berasal dari pelanggan sendiri seperti salah memasukkan alamat, nomor HP maupun nama maka resikonya ditanggung sendiri. Meski begitu kamu tetap dapat mengurusnya asalkan ada nomor resi serta KTP.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.