Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Pengiriman Overload

Pengiriman Overload
Advertisements

Pengiriman Overload – Kalian pastinya pernah mendengar istilah overload dimana sering muncul pada ekspedisi seperti JNE, J&T, TIKI, SiCepat, POS, Shopee Express, Lazada LEL Express dan lainnya. Biasanya pengiriman overload akan membuat paket kalian tertunda sehingga membutuhkan waktu lebih untuk sampai.

Kemunculan pengiriman overload sering terjadi ketika liburan akhir tahun dimana memang banyak orang menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang. Hal seperti PENGIRIMAN PAKET GAGAL DI LAZADA juga sering disebabkan oleh overload.

Selain pada akhir tahun atau masa liburan, kadang pengiriman overload juga muncul ketika adalah program flash sale ataupun penawarkan promo belanja lainnya. Misalnya ketika J&T overload disebabkan oleh ramainya pengiriman pada hari itu sehingga akan membuat paket kalian tertunda.

Advertisements

Setiap jasa ekspedisi pastinya memiliki kapasitas maksimal penanganan barang dalam satu hari, jadi jika terlalu banyak atau melebihi batas maka dipastikan overload. Demikian pula ketika JNE overload dimana tidak dapat mengirimkan paket kalian secara cepat.

Sebenarnya apa itu overload Lazada ataupun pada ekspedisi pengiriman lainnya? Mengapa bisa terjadi overload? Untuk menjawabnya kalian bisa simak penjelasan mengenai pengiriman overload yang sudah dirangkum Kuriran.id berikut ini.

Apa itu Overload

Arti overload adalah diluar kapasitas dimana ketika paket terlalu banyak masuk ke ekspedisi sehingga pengiriman tidak dapat berjalan dengan baik. Sebenarnya overload artinya dalam Shopee ataupun jasa pengiriman lainnya sama saja dimana melebihi kapasitas sehingga paket tidak dapat dikirimkan.

Karena overload menyebabkan paket menumpuk dari banyak konsumen sehingga sumber daya ataupun fasilitas pengirimannya tidak dapat melakukan pengantaran secara normal. Biasanya paket yang overload akan disimpan pada fasilitas pengiriman seperti gudang ataupun kantor cabang.

Overload Berapa Lama ?

Pengiriman overload dari tiap ekspedisi akan berbeda beda waktunya, maksimalnya mencapai 1 minggu atau mungkin lebih tergantung kepada antrian. Sehingga untuk J&T overload berapa lama mungkin akan berbeda dengan JNE karena masing masing ekspedisi memiliki penanganan tersendiri.

Penyebab Pengiriman Overload

Karena kapasitas dari tiap ekspedisi memang ada batasnya sehingga konsumen harus cermat dalam memilih waktu pengiriman. Apabila diamati memang ada beberapa penyebab kiriman overload yang sering terjadi di Indonesia sebagai berikut.

  • Masuk ke masa liburan ataupun akhir tahun sehingga penggunaan jasa pengiriman meningkat.
  • Toko online menawarkan flash sale, promo ataupun diskon sehingga menyebabkan banyak orang berbelanja sehingga menyebabkan pengiriman melebihi kapasitas.
  • Gudang penuh sehingga menyebabkan harus diantrikan satu per satu pengirimannya. Biasanya paket akan menumpuk menunggu pickup dari kurir.
  • Jumlah kurir atau armada pengiriman terbatas sehingga proses pengiriman akan terganggu.

Cara Menghindari Pengiriman Overload

Kebanyakan ketika pengantaran sudah overload maka dipastikan konsumen hanya bisa sabar menunggu sampai kembali normal. Lantas bagaimana supaya kita terhindar dari yang namanya overload? Supaya kalian tidak terjebak silahkan ikuti tips dibawah ini.

1. Hindari Belanja Online Ketika Masa Libur Panjang

Langkah paling mudah adalah menghindari berbelanja online ketika masa libur panjang seperti lebaran ataupun akhir tahun. Apabila terpaksa kalian membeli barang maka lakukan sebelum ataupun setelah masa liburan berakhir supaya tidak terkena overload.

2. Pilih Layanan Pengiriman yang Cepat

Kemudian kalian dapat memilih layanan pengiriman tercepat misalnya Same Day, Next Day ataupun Express dimana memiliki estimasi waktu terbaik. Biasanya untuk pengiriman jenis ini akan didahulukan karena tarif lebih mahal dan juga terdapat asuransi uang kembali ketika terlambat sampai.

3. Kontak Jasa Pengiriman

Ketika terjadi overload kalian dapat langsung menanyakannya ke pihak ekspedisinya kemudian meminta penyelesaian masalah. Biasanya kalian akan ditawarkan untuk mengambil paket ataupun hanya bersabar menunggu sampai kembali normal seperti sediakala.

4. Mengambil Paket ke Kantor Pengiriman

Setelah cek resi ternyata paket kalian sudah dekat dan sampai ke kantor cabang maka dapat memutuskan untuk mengambil langsung. Bawa kartu identitas dan bukti belanja online sebagai syarat pengambilan barang di kantor pengiriman.

5. Menghindari Membeli Barang Ketika Flash Sale

Cara terakhir adalah dengan menghindari pembelian barang ketika marketplace online sedang mengadakan flash sale, menawarkan promo besar besaran ataupun program lainnya. Sudah pasti banyak orang menginginkan harga barang murah oleh karena itu berbondong bondong berbelanja sehinga menyebabkan overload.

Akhir Kata

Seperti halnya CARA CEK PENGIRIMAN KGP kalian juga wajib tracking paketnya untuk mengetahui status terbaru. Memang pada dasarnya setiap jasa ekspedisi menawarkan layanan terbaiknya termasuk dalam penanganan ketika terjadi overload.

Advertisements
Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *