Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Subtotal Pengiriman

Subtotal Pengiriman
Advertisements

Subtotal Pengiriman – Berbelanja di toko online sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini karena kemudahan dan kecepatan barang sampai. Pernahkah kalian menjumpai istilah subtotal pengiriman pada saat proses checkout barang?

Subtotal pengiriman memiliki pernanan penting karena secara langsung menjadi penentu ongkos kirim apakah murah atau justru mahal. Semisal ketika kalian melakukan CARA MENGAMBIL BARANG LEWAT ALFAMART maka dalam struk akan tertera subtotal pengiriman.

Tidak dipungkiri subtotal pengiriman mahal karena beberapa pengaruh termasuk barang yang kita beli dan juga jasa ekspedisinya. Pada saat belanja online kita juga wajib memperhatikan berat barang karena nantinya juga mempengaruhi subtotal harganya.

Advertisements

Di beberapa marketplace menyediakan gratis ongkir sehingga mungkin sub total pengiriman akan dikurangi nilainya. Setiap jasa ekspedisi yang dipilih juga berpengaruh terhadap ongkir dari lokasi kirim penjual sampai ke alamat konsumen.

Hampir semua e-commerce menerapkan aturan bahwa seluruh ongkir pengiriman ditanggung pengguna sehingga bisa berpengaruh pada pengeluaran saat berbelanja. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sub total pengiriman simak rangkuman dari Kuriran.id dibawah ini.

Apa itu Subtotal Pengiriman?

Subtotal pengiriman adalah jumlah biaya yang ditanggung konsumen ketika membeli suatu produk dari toko online misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan banyak lainnya. Subtotal pengiriman memiliki pengelompokan tersendiri dimana akan dihitung dan nantinya dijumlahkan dengan biaya lainnya.

Subtotal pengiriman akan mengikuti perhitungan ongkir, berat barang, jenis layanan pengiriman dan juga jarak untuk sampai ke lokasi tujuan. Jadi penting untuk mengetahui bagaimana cara menghitung berat produk sesuai ongkir supaya kita bisa mengetahui pengeluaran.

Kenapa Subtotal Pengiriman Mahal?

Secara langsung subtotal akan memiliki perhitungan tersendiri dimana akan mempengaruhi ongkos kirim secara keseluruhan. Terdapat beberapa penyebab kenapa subtotal pengiriman mahal yang wajib untuk diketahui seperti berikut.

  • Jarak pengiriman jauh dari seller atau penjual sehingga membutuhkan ongkos lebih banyak. Seperti yang kita tahu beberapa ekspedisi menerapkan tarif pengiriman berdasarkan jarak jadi tidak dipungkiri ketika wilayahnya terpencil maka tarif naik.
  • Pemilihan beberapa jasa ekspedisi yang kurang tepat sehingga membuat tarif pengiriman mahal. Pastikan kalian membandingkan ongkos kirim antar ekspedisi sebelum menggunakannya.
  • Paketnya berat dengan bobot diatas 10 kg sehingga secara otomatis subtotal menjadi jauh lebih mahal.
  • Memilih layanan sameday, nextday ataupun instant dimana memang tarif pengirimannya berada diatas layanan regular.
  • Terdapat biaya tambahan seperti misalnya packing.

Cara Menghitung Sub Total Pengiriman

Lantas bagaimana cara menghitung subtotal harganya? Kalian perlu memperhatikan dimensi paket, berat paket maupun per kilogramnya. Pada beberapa e-commerce pihak penjual juga biasanya sudah menambahkan biaya tambahan kedalam margin produknya.

Jadi subtotal kiriman sudah mencakup jenis layanan, biaya sesuai berat paket, jarak kirim dan juga biaya tambahannya. Untuk bisa menghitung subtotal harga secara menyeluruh silahkan simak contohnya seperti dibawah ini.

Ongkir per KgRp.10.000
Biaya TambahanRp.2000
Rumus (panjang x lebar x tinggi ) : 6000 x 1000gram
Berat Barang(40 x 20 x 30) : 6000 x 1000gram =4000 gram = 4Kg
Subtotal PengirimanRp.10.000 x 4 + Rp.2000 = Rp.42.000
Advertisements

Cara Menghilangkan Subtotal Pengiriman

Lantas bagaimana cara menghilangkan subtotal pengiriman? Setelah mengetahui perhitungan diatas kalian bisa menaksir sendiri biaya yang akan dikeluarkan. Terdapat beberapa trik untuk mengurangi biaya ongkir yang bisa kalian simak sebagai berikut.

1. Memilih Layanan Pengiriman Murah

Cara pertama silahkan kalian pilih layanan pengiriman dengan harga murah misalnya regular (REG) ataupun ekonomis (ECO). Hindari menggunakan kiriman sameday, instant ataupun nextday karena secara langsung mempengaruhi biaya subtotal menjadi lebih mahal.

2. Membandingkan Ongkos Pengiriman

Berikutnya ketika checkout silahkan bandingkan ongkir setiap layanan pengiriman dan pilih yang paling murah. Setiap ekspedisi akan berbeda beda tarif pengirimannya tiap daerah sehingga kamu bisa melakukan simulasi atau perbandingan tarif terlebih dahulu.

3. Berbelanja ke Satu Penjual

Ketika kalian ingin membeli produk dengan jumlah banyak maka usahakan untuk mencari pada satu seller atau penjual untuk hemat ongkos pengiriman. Secara otomatis subtotal pengiriman jadi lebih murah namun tetap kalian bisa berbelanja banyak barang.

4. Memakai Promo atau Voucher

Langkah terakhir adalah menggunakan kode promo ataupun voucher dimana mampu mengurangi biaya pengiriman. Secara otomatis promo yang dipasang akan membuat kalian bisa menghemat, apalagi jika ada program gratis ongkir dari tiap toko online.

Akhir Kata

Bisa dikatakan biaya kirim suatu barang akan dipengaruhi ukuran berat, jarak serta biaya tambahan. Terbukti dari perhitungan diatas dimana semakin berat bobot paketnya maka secara otomatis sangat berpengaruh pada total pengiriman.

Kalian juga bisa CARA CEK RESI ALFATREX ALFAMART untuk memastikan proses pengiriman berjalan dengan lancar setelah berbelanja online. Semoga penjelasan yang kami berikan dapat jadi referensi dan berguna menghindari biaya kirim yang terlalu mahal.

Advertisements
Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Cek Resi Kalog

Khalid
2 min read

Cara Cek Tarif DHL

Khalid
2 min read

Tarif Pelni Logistik

Khalid
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.