Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Paket Lazada Tidak Bisa di Scan

Paket Lazada Tidak Bisa di Scan
Advertisements

Paket Lazada Tidak Bisa di Scan – Proses pengiriman paket Lazada akan melalui fasilitas logistik seperti warehouse, MDOP ataupun lokasi drop point. Dalam proses perjalanan paket untuk mengupdate resi diperlukan scan pada lokasi gudang atau transit.

Permasalahan paket Lazada tidak bisa di scan memang sering dijumpai mulai dari pengirim sampai fasilitas logistik. Sebelumnya kami sudah membahas PENGIRIMAN PAKET GAGAL DI LAZADA dimana penyebab paling umum adalah tidak bisa scan atau memasukkan nomor resi.

Pada tiap pengiriman menggunakan ekspedisi internal Lazada akan ditempelkan label dimana berisi nomor resi dan juga barcode. Untuk memudahkan dalam perjalanan banyak tempat menggunakan fitur scan supaya resi dan status pengirimannya dapat diupdate.

Advertisements

Lantas bagaimana jika ternyata paket Lazada tidak bisa di scan? Pastinya efek paling terasa adalah keterlambatan dalam update informasi resi. Terkadang paket sudah sampai namun statusnya masih dalam perjalanan.

Ataupun jika terjadi kesalahan maka paket belum sampai namun statusnya delivered. Kadang juga sering terjadi salah kirim paket, untuk memastikannya scan barcode Lazada bisa menampilkan informasi secara akurat.

Penyebab Paket Lazada Tidak Bisa di Scan

Sebagai konsumen ataupun seller Lazada kita wajib memeriksa label pengiriman apakah masih bisa di scan. Fungsi dari scan kode adalah untuk memastikan bahwa paket sesuai dengan yang dikirimkan demikian pula untuk pelacakannya.

Dalam proses ekspedisi memang scan sering dipakai saat paket masuk ke gudang ataupun fasilitas Lazada. Saat ini terdapat beberapa penyebab mengapa paket tidak bisa di scan secara langsung seperti dibawah ini.

  • Terdapat kesalahan nomor resi dari awal petugas memasukkan sehingga tidak ditemukan data yang sesuai. Sudah dapat dipastikan barcodenya tidak bisa discan.
  • Terjadi keterlambatan petugas Lazada dalam menginput resi sehingga mempengaruhi fungsi scan.
  • Kemasan paket mengalami kerusakan yang mengakibatkan kode barcode terhapus ataupun hilang.
  • Pengiriman overload sehingga paket kalian harus antri untuk ditangani.
  • Ada gangguan sistem Lazada sehingga membuat fitur scan terkendala.

Cara Mengatasi Paket Lazada Tidak Bisa di Scan

Kegunaan barcode memang sama pentingnya dengan nomor resi karena berfungsi sebagai identitas paket. Pada umumnya scan barcode akan terdapat diatas nomor resi sehingga penggunaannya kurang lebih sama.

Scan paket sering dilakukan untuk update status kiriman mulai dari awal sampai akhir. Jadi ketika paket tidak bisa di scan maka kemungkinan besar akan terjadi keterlambatan dalam update resi dan status pengirimannya.

Ketika memang paket mengalami kendala saat scan baik dari pihak pengirim, kurir, ekspedisi maupun penerimanya dapat diatasi dengan beberapa langkah. Kalian bisa mencoba beberapa cara dan langkah seperti dibawah ini.

1. Memastikan Barcode Masih Dalam Kondisi Baik

Tidak bisa scan pada umumnya terjadi karena kodenya mengalami kerusakan atau hilang sebagian. Karena barcode terletak pada label yang ditempelkan di paket maka bisa jadi terhapus atau hilang karena air maupun tergores.

Maklum karena secara umum label pengiriman Lazada memang ditempelkan pada luar kemasan paket sehingga ada kemungkinan rusak. Jadi langkah pertama adalah memeriksa apakah kondisi barcodenya masih utuh dan bisa di pakai.

2. Memakai Nomor Resi Sebagai Pengganti Scan

Jika memang barcodenya rusak maka kalian bisa memakai nomoe resi untuk menggantikan fitur scan. Pada dasarnya input nomor resi memang sama fungsinya seperti scan barcode dimana untuk mengupdate status pengirimannya.

3. Periksa Perangkat Scan

Bisa jadi perangkat scan tidak terpasang secara baik ataupun mengalami kerusakan. Silahkan kalian coba fungsi scan pada paket lainnya apakah bekerja dengan baik. Ketika sama sama tidak bisa di scan maka kemungkinan besar perangkatnya rusak sehingga harus diganti.

4. Cek Koneksi Internet

Seringkali paket Lazada tidak bisa di scan dikarenakan koneksi internet lemot sehingga menyebabkan tidak terhubung. Pastikan kalian memakai koneksi yang stabil agar proses scan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

5. Kontak CS Lazada

Jika memang paket Lazada tidak bisa di scan kalian bisa meminta bantuan CS untuk menyelesaikan permasalahannya. Usahakan menghubungi pada jam kerja yaitu 09:00-17:00 setiap harinya supaya lebih mudah penanganannya.

  • Call center: +622180640090
  • Email: support@lazada.co.id

6. Datangi MDOP Lazada atau Drop Point Terdekat

Ketika memang paket Lazada tidak bisa di scan maka langkah terakhir adalah mendatangi MDOP atau drop point terdekat. Kalian bisa langsung menanyakan kepada petugas Lazada kenapa paket tidak bisa discan kemudian meminta penyelesaiannya.

Petugas akan membantu secara langsung untuk pemeriksaan masalah mulai dari fungsi scan sampai gangguan pada perangkat. Kemudian kamu juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur dan juga fasilitasnya.

Akhir Kata

Sebelumnya kami sudah membahas PERBEDAAN PENGIRIMAN CARGO DAN REGULER dimana mempengaruhi layanan yang diberikan kepada konsumen. Ketika kalian kirim paket memakai Lazada dan mengalami kendala maka bisa menggunakan fasilitas call center ataupun mendatangi drop point terdekat.

Masalah paket Lazada tidak bisa di scan bisa saja terjadi kapan saja apalagi ketika ada antrian ataupun kesalahan input. Semoga dengan beberapa langkah diatas kalian bisa segera mengatasi kendala paket tidak bisa di scan.

Advertisements
Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Jam Kerja Kurir Lex ID

Khalid
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.