Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler
Advertisements

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler – Sebagai konsumen kita pastinya pernah mendengar istilah cargo dan reguler dalam pengiriman barang. Namun tidak semua orang mengetahui perbedaan dari pengiriman cargo dan reguler sehingga kadang salah memilih memanfaatkannya.

Lantas apa itu pengiriman cargo? Pengiriman cargo adalah proses mengirim barang muatan banyak ke lokasi dengan jarak relatif jauh. Sedangkan pengiriman reguler adalah layanan pengantaran dengan berat barang terbatas sesuai wilayah tujuan pengiriman.

Sebelumnya kami sudah membahas JASA CARGO UDARA MURAH dimana menggunakan pesawat terbang untuk pengiriman ke lokasi tujuan. Banyak orang bertanya pengiriman cargo apakah diantar sampai rumah? Jawabannya tergantung kepada layanan jasa ekspedisi atau logistiknya karena ada yang dikirimpan pada lokasi tertentu misalnya bandara, stasiun, shelter, agen ataupun tempat lainnya.

Advertisements

Perbedaan cukup terlihat dengan pengiriman reguler dimana memang memiliki cakupan wilayah lebih terbatas, biasanya dalam satu negara saja. Sebagai konsumen yang cermat kita memang wajib mengetahui perbedaan pengiriman cargo dan reguler supaya lebih mudah memakai layanannya.

Setiap jasa ekspedisi atau logistik banyak yang menyediakan layanan cargo maupun reguler untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Memang jalur pengirimannya hampir sama yaitu memakai angkutan darat, laut serta udara namun kedua layanannya mempunyai cukup banyak perbedaan.

Perbedaan Pengiriman Cargo dan Reguler

Saat ini memang banyak orang lebih dimudahkan untuk mengirimkan barang skala kecil sampai besar memakai fasitas pengiriman. Namun layanan pengiriman memiliki bagian dan fungsi tersendiri dimana khusus memenuhi kebutuhan konsumennya.

Pada pengiriman cargo Shopee atau JNE dimana memberikan fasilitas diantar sampai rumah sama seperti reguler. Lantas apa saja perbedaannya? Supaya lebih jelas simak perbedaan pengiriman cargo dan reguler yang dirangkum Kuriran.id dibawah ini.

1. Perbedaan Tarif Pengiriman Cargo dan Reguler

Pertama adalah perbedaan dari sisi tarif pengiriman dimana memang akan sangat mempengaruhi penilaian konsumen. Untuk kiriman cargo tarif akan dihitung berdasarkan minimal berat paket 10kg, berbeda dengan reguler dimana memakai perhitungan barang per 1kg.

Apabila dilihat tarif pengiriman kargo lebih murah dibandingkan reguler karena memang memberikan cakupan bobot barang lebih besar. Jadi bisa dikatakan bahwa tarif pengiriman cargo akan lebih murah ketika memang barang yang dikirimkan lebih dari 10kg.

Sedangkan jika kalian mengirimkan barang dibawah 1kg maka pengiriman reguler dari perhitungannya bisa lebih murah. Bergantung kepada bobot paketnya kamu bisa memilih ongkir terbaik supaya tidak mengalami kerugian.

2. Perbedaan Berat Paket

Untuk pengiriman cargo paket yang bisa dikirimkan memiliki bobot minimal 5kg dan maksimalnya bisa mencapai 50kg atau 100kg. Berbeda dengan pengiriman reguler dimana memiliki aturan berat mulai 0kg sampai 20kg.

Selain itu pada umumnya pengiriman kargo mewajibkan minimal berat barang yang dapat dikirimkan 5kg, sedangkan reguler tidak mempunyai batas minimal. Kemudian pengiriman cargo juga menyediakan layanan khusus yaitu FTL (Full Truckload) serta LTL (Less Than Truckload) sehingga kapasitas barangnya dapat jauh lebih banyak.

3. Perbedaan Jenis Paket

Perbedaan lainnya adalah dari segi jenis paketnya, pada umumnya regular mengirimkan barang berukuran kecil sampai sedang dengan bobot relatif ringan. Kemudian pengiriman cargo dikhususkan untuk mengangkut barang berukuran atau berjumlah banyak.

Jenis paket untuk pengiriman reguler bisa berisi seperti dokumen, makanan, pakaian, gadget serta barang kecil lainnya. Sedangkan pengiriman cargo bisa mengangkut motor, mobil, bahan pokok, furniture serta paket berukuran besar lainnya.

4. Perbedaan Estimasi Pengiriman Cargo dan Reguler

Lantas apakah ada perbedaan pengiriman cargo dan reguler dari segi estimasi sampainya? Jawabannya ada dimana pengirima reguler memiliki waktu sampai 1 hingga 3 hari, sedangkan cargo memiliki estimasi lebih lama antara 3 hingga 14 hari.

Hal ini dapat dilihat karena pengiriman regular memang kebanyakan menangani paket berukuran kecil sehingga mudah diantarkan ke alamat tujuan. Sedangkan kiriman cargo akan memiliki rute pengantaran tersendiri dimana barang yang diangkut juga membutuhkan waktu untuk diantarkan karena berukuran besar.

5. Perbedaan Packing

Perbedaan lainnya adalah dari segi packing ataupun pengemasan paket karena mempengaruhi pada proses pengiriman barang. Kebanyakan kemasan pada pengiriman reguler memakai bahan plastik, paperbag, buble wrap dan kardus kecil.

Sedangkan pada pengiriman barang menggunakan kardus, karung, kemasan plastik jumbo, peti kayu dan cover khusus untuk melindungi paketnya. Hal tersebut wajar karena memang kiriman cargo menampung lebih banyak paket dibandingkan reguler.

6. Perbedaan Fasilitas

Kemudian perbedaan pengiriman cargo dan reguler dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan. Pada umumnya pengiriman kargo memberikan layanan packing untuk barang dengan penanganan khusus, sedangkan reguler tidak.

Kemudian dari segi fasilitas pengantaran kebanyakan cargo diantarkan pada bandara, stasiun, terminal, agen, ataupun kantor cabang. Sedangkan reguler seluruh paketnya akan diantarkan langsung ke alamat penerimanya.

7. Perbedaan Kantor Operasional

Pengiriman reguler pada umumnya mempunyai lebih banyak kantor operasional dan agen pembantu diseluruh Indonesia. Sedangkan untuk pengiriman cargo hanya memiliki kantor operasional pada kota besar sehingga kurang menjangkau lokasi pelosok.

Akhir Kata

Kebanyakan pengiriman reguler melayani pengiriman barang dari konsumen, sedangkan cargo bekerjasama dengan perusahaan ataupun vendor. Misalnya pada JASA PENGIRIMAN PAKET CAIRAN dimana mayoritas ditangani oleh perusahaan cargo karena memang riskan dan membutuhkan penanganan khusus.

Jadi kesimpulannya ketika kalian membutuhkan jasa pengiriman dengan paket berukuran besar maka pilihlah cargo, namun jika paket skala kecil cukup memakai reguler. Semoga perbedaan pengiriman cargo dan reguler akan membuat kalian lebih mudah dalam memilih layanannya.

Advertisements
Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Cek Resi Kalog

Khalid
2 min read

Cara Cek Tarif DHL

Khalid
2 min read

Tarif Pelni Logistik

Khalid
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.