Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Formulir Pengiriman Barang

Formulir Pengiriman Barang

Formulir Pengiriman Barang – Kalian pasti pernah mendengar istilah formulir pengiriman barang dimana memiliki peran penting pada saat mengirimkan paket. Setiap proses pengiriman barang akan membutuhkan identitas pengirim maupun penerima sehingga perjalanannya lancar tanpa terjadi kendala.

Meskipun kini formulir pengiriman sudah digantikan dengan versi aplikasi ataupun website namun masih ada beberapa jasa ekspedisi yang menggunakan lembaran kertas. Jadi sebelum mengirimkan barang kalian wajib mengisi formulir untuk melengkapi semua data pengiriman.

Berbeda halnya dengan SURAT PENGIRIMAN BARANG, formulir hanya lembaran saja tanpa adanya lampiran ataupun informasi tambahan. Selain dibuat oleh jasa ekspedisi, formulir pengiriman barang juga dapat dibuat oleh lembaga atau perusahaan yang menangani kiriman paket.

Pada umumnya formulir memang dijumpai pada layanan ekspedisi dimana wajib diisi sebelum melakukan pembayaran. Secara langsung dalam formulir akan tercantum data data pengirim serta penerima sehingga memudahkan dalam menemukan alamat lengkapnya.

buketbungamurah

Dengan majunya jaman formulir sudah terintegrasi dengan beberapa toko online sehingga mampu memasukkan informasi dan mencetak label pengiriman secara otomatis. Untuk penjelasan mengenai formulir pengiriman simak rangkuman Kuriran.id dibawah ini.

Apa itu Formulir Pengiriman Barang?

Formulir pengiriman barang adalah kertas lembaran yang memiliki isi mengenai keterangan informasi rincian pengiriman. Informasi yang tercantum pada formulir pengiriman barang adalah nama, alamat, kontak, keterangan barang, tanggal, ongkos kirim dan juga tanda tangan.

Ketika disuruh sebutkan tiga isi formulir pengiriman barang maka kamu bisa memasukan informasi yang tercantum. Lantas dimana kita dapat menemukan formulir pengiriman barang? Jawabanya ada pada jasa ekspedisi pengiriman serta perusahaan atau lembaga yang mengirimkan barang.

Formulirnya juga digunakan sebagai bukti pengiriman sehingga dapat diperiksa oleh penerima barangnya. Adanya formulir juga memudahkan petugas ekspedisi memasukkan data kedalam sistem dan mendapatkan nomor resi.

Fungsi Formulir Pengiriman Barang

Pada dasarnya formulir memang sangat penting untuk membantu proses perjalanan paket supaya sampai ke lokasi yang benar. Pada dasarnya kalian juga dapat memperoleh resi pengiriman dari formulirnya ketika menggunakan beberapa layanan ekspedisi.

Karena digunakan sebagai alat input data tak heran jika formulir penting untuk diisi dengan data yang benar. Kemudian apa saja fungsi dan kegunaannya? Pada dasarnya formulir berguna sebagai data pengiriman, kemudian lainnya simak dibawah ini.

  • Memberikan informasi data penerima maupun pengirim paket. Tercantum nama, alamat lengkap dan juga kontak untuk dihubungi.
  • Memudahkan kurir dalam mengirimkan barang sampai ke alamat secara tepat.
  • Mengetahui provinsi tujuan sehingga ketika proses sortir dapat dibedakan secara langsung.
  • Melalui kode POS akan memudahkan perjalanan paket untuk sampai ke kecamatan atau gudang ekspedisi.
  • Kurir bisa menggunakan nomor telepon pada formulir untuk mengabari jika paket akan sampai.

Cara Mengisi Formulir Pengiriman Barang

Sebagai konsumen kita memang dimudahkan dengan adanya layanan pengiriman dengan tujuan dalam maupun luar negeri. Kemudian untuk bisa mengisi formulirnya kalian perlu menyiapkan identitas pengirim maupun penerimanya secara lengkap.

Pengisian formulir kebanyakan dilakukan pada gerai ataupun outlet jasa ekspedisi sebelum adanya pembayaran ongkir. Sedangkan jika pesan barang online sudah secara otomatis informasi pengirimannya dimasukkan sehingga tidak perlu repot.

Namun karena kebanyakan sudah memakai sistem otomatis maka sebagian konsumen bingung jika harus mengisi formulir. Oleh karena itu kamu akan memberikan beberapa cara mengisi formulir secara benar dibawah ini.

  1. Tulis nama penerima serta pengirim barang memakai huruf kapital secara jelas dan mudah dibaca
  2. Menuliskan nomor handphone penerima maupun pengirimnya secara jelas.
  3. Menuliskan alamat lengkap pengirimannya termasuk jalan, provinsi, desa, RT/RW, kode POS, kecamatan dan kabupaten.
  4. Memberikan keterangan jenis barang dan juga beratnya.
  5. Menuliskan nama pengirimnya kemudian tanda tangan.
  6. Petugas akan memberikan informasi ongkir yang harus dibayarkan kemudian dituliskan pada formulirnya.
  7. Kemudian setelah pembayaran petugas akan memberikan tanda tangan dan cap lunas.

Contoh Form Pengiriman Barang

Saat ini memang form pengiriman dapat dijumpai paling sering di kantor POS. Setiap kalian akan mengirimkan barang maka diberikan form yang wajib diisi dengan lengkap. Demikian pula pada pelayanan ekspedisi yang belum memakai sistem online mayoritas masih manual dimana memasukkan data kiriman dengan menuliskannya.

Sedangkan pada ekspedisi lainnya sistemnya sudah digital dimana hanya perlu menyebutkan datanya saja maka dimasukkan kedalam sistem. Apalagi munculnya resi otomatis dimana langsung tercetak kedalam label pengiriman sehingga tidak perlu input apapun.

Dalam prosesnya memang semua informasi yang digunakan akan sama, namun memang penanganan datanya lebih sistematis dan cepat. Berbeda dengan formulir dimana harus menulis dulu baru dimasukkan manual oleh petugas.

Namun tidak semua penyedia layanan memiliki sistem canggih, masih banyak yang memakai metode konvensional yaitu pembukuan untuk pengirimannya. Meski begitu tidak ada salahnya jika kalian melihat contoh form pengiriman untuk berbagai kebutuhan seperti dibawah ini.

formulir pengiriman barang pdf
download formulir pengiriman barang
fungsi formulir pengiriman barang
mengisi formulir pengiriman barang
cara mengisi formulir pengiriman barang
form kirim
form barang
form

Akhir Kata

Diakui penggunaan formulir pengiriman barang saat ini memang sangat jarang karena sudah digantikan dengan sistem digital. Bahkan untuk memasukkan datanya saat ini cukup dari website ataupun aplikasi sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Ketika memakai JASA CARGO DARAT MURAH apalagi dengan barang bawaan yang banyak maka konsumen wajib mengisi form pengirimannya. Pada dasarnya form kiriman barang memang sangat berguna untuk pengecekan petugas.

Selain itu dengan adanya data yang lengkap akan semakin memudahkan proses pengiriman barang untuk sampai ke lokasi tujuan. Terlebih dengan adanya nomor handphone mempermudah kurir menghubungi penerima barangnya.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Dakota Cargo Karawang

Khalid
2 min read

Dakota Cargo Bandung

Khalid
2 min read

Dakota Cargo Semarang

Khalid
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.