Cara Pengembalian Barang COD Lazada – Belanja online di Lazada dengan sistem COD memang banyak diminati karena kemudahan dalam mendapatkan barang secara cepat. Ketika pengiriman barang COD Lazada selesai dilakukan kang terjadi masalah seperti produk tidak sesuai, rusak, tidak lengkap, palsu bahkan salah kirim.
Cara pengembalian barang COD Lazada pastinya wajib dimengerti syarat dan ketentuannya supaya kalian bisa mendapatkan ganti rugi. Cukup berbeda dengan PAKET ALIEXPRESS TIDAK SAMPAI, sistem COD Lazada akan memastikan barang sampai dengan jaminan garansi pengembalian jika tidak sesuai.
Pada dasarnya cara mengembalikan barang di Lazada yang sudah dikirim dapat dilakukan asalkan memenuhi ketentuan. Dengan mengakses fitur retur kalian bisa melakukan cara mengembalikan barang COD secara cepat dan mudah.
Kesalahan dalam pengiriman barang memang bisa saja terjadi entah karena kesalahan seller, kurir COD ataupun sistem Lazada. Dengan mengetahui cara pengembalian barang COD Lazada kalian tidak akan mengalami prokerugian ketikan produk tak sesuai ekspektasi.
Dalam prosesnya kalian perlu mengisi formulir pengembalian barang Lazada secara lengkap dan mengunggah foto produknya. Berdasarkan pengalaman pengembalian barang Lazada prosesnya cukup jelas serta gampang diikuti.
Syarat Mengembalikan Barang di Lazada yang Sudah Dikirim
Sebagai konsumen kalian memiliki hak mendapatkan barang yang sesuai pada halaman produk yang dipajang oleh penjual. Ketika produknya tidak sesuai maka pengembalian dapat dilakukan demi menghindari kerugian.
Dalam proses pengembalian barang COD Lazada kalian perlu memenuhi syarat serta ketentuan berlaku. Lantas apa saja syaratnya? Kalian perlu menyiapkan beberapa informasi pengiriman serta foto paketnya seperti dibawah ini.
- Pastikan status paket Telah Dikirim dan sampai ketangan kalian.
- Hindari memberikan ulasan kepada penjual jika ingin melakukan pengembalian barang COD Lazada. Jika sudah memberikan ulasan dianggap transaksi selesai dilakukan.
- Menyiapkan bukti dari pembelian barang di Lazada bisa berupa faktur, nomor resi pesanan ataupun invoice.
- Mengisi formulir pengembalian barang Lazada melalui aplikasi atau website.
- Foto barang dan kemasannya.
- Memberikan alasan pengembalian sesuai dengan syarat serta ketentuan, jangan sembarangan.
- Demi memudahkan cek kualitas barang untuk produk dengan password usahakan dihapus ataupun unlock sebelum dikirim.
- Disarankan memilih pengembalian dengan metode drop off karena tidak dikenakan biaya alias gratis.
- Ketika memakai cara pengiriman drop off kalian bisa menunjukkan nomor resi pada aplikasi Lazada ataupun mencetak label pengirimannya kemudian ditempel ke paket.
- Kirimkan paket melalui lokasi drop off terdekat dengan alamat lengkap penjual.
- Disarakankan setelah mengisi formulir pengembalian barang COD Lazada berikan paket ke jasa ekspedisi maksimal 3 hari supaya mempercepat penyelesaian pengembalian dana.
Ongkir Pengembalian Barang COD Lazada
Untuk menghindari terkena biaya ongkir silahkan kalian memilih metode pengiriman drop off. Konsumen bisa langsung mendatangi kantor ekspedisi kemudian menyerahkan paketnya dimana tidak dikenakan biaya ongkir alias gratis.
Kamu bisa mencoba cara pengembalian barang Lazada lewat JNE atau J&T terdekat dimana akan dibantu oleh petugas disana. Cukup tunjukkan nomor resi atau dengan menempelkan label pengiriman ke paket COD Lazada.
Garansi Pengembalian Barang Lazada
Dalam cara pengembalian barang COD Lazada wajib memperhatikan apakah produk memiliki garansi. Lazada memang memberikan garansi pengembalian sesuai dengan jenis barangnya seperti pada tabel dibawah ini.
Jenis Barang | 7 Hari | 14 Hari | 15 Hari |
---|---|---|---|
Barang Import (Global Collection, Taobao) | ✔ | ✖ | ✖ |
Barang Retail FBL (dikirim oleh Lazada) | ✖ | ✔ | ✖ |
Barang yang dikirim Seller (MP Lokal) | ✔ | ✖ | ✖ |
PBarang dari LazMall | ✖ | ✖ | ✔ |
Kalian bisa cek garansi pada laman produknya kemudian mengembalikannya sesuai batas maksimal yang ditentukan. Kemudian masa garansi berlaku ketika konsumen menerima barang sehingga wajib diperhatikan waktunya.
Cara Pengembalian Barang COD Lazada
Setelah mengetahui syarat, ongkir serta masa garansi barangnya kalian bisa memutuskan untuk mengembalikan barang. Proses pengembalian pada dasarnya cukup mudah dilakukan melalui aplikasi Lazada dengan beberapa langkah.
Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua persyaratannya kemudian mengakses formulir pengembalian. Kemudian untuk cara pengembalian barang COD Lazada lengkap silahkan simak panduan dari Kuriran.id dibawah ini.
1. Buka aplikasi Lazada kemudian langkah pertama silahkan masuk ke menu Akun
2. Akan muncul menu profil kalian, lanjutkan dengan menekan tulisan Lihat Semua Pesanan
3. Pada pesanan saja silahkan menuju ke barang COD yang sudah terkirim. Dibagian menu produknya silahkan tekan Telah diterima
4. Berikutnya akan tampil menu pesanan diterima, kamu lanjutkan dengan menekan PENGEMBALIAN SAYA
5. Akan tampil formulir pengembalian barang Lazada, lanjutkan dengan menuju ke alasan pengembalian dan tekan Pilih
6. Silahkan memilih salah satu alasan pengembalian barang yang sesuai kemudian konfirmasi dengan tekan Pilih
7. Kemudian pastikan jumlah pengembalian dana sudah sesuai. Di bagian komentar jelaskan alasan pengembalian barang COD secara singkat.
8. Cara selanjutnya tekan Unggah Foto untuk upload barang
9. Cara berikut bisa memilih ambil foto ataupun memilih gambar dari galeri. Lebih mudahnya tekan TAKE PICTURES untuk mengambil gambarnya.
10. Aplikasi foto akan terbuka lanjutkan dengan foto barang dan paket kemasannya. Pilih OK untuk konfirmasi
11. Kamu bisa menambahkan sampai 3 foto sebagai bukti pengembalian. Setelahnya kamu bisa memilih pengembalian dana dengan menekan menunya.
12. Kamu dapat memilih pengembalian dana ke Lazada Credit ataupun Bank Transfer. Agar lebih cepat dan mudah pilih Lazada Credit
13. Setelah formulirnya sudah lengkap tinggal menekan Kirim
14. Akan muncul menu pengembalian barang COD Lazada dimana menunggu respon penjual. Disitu akan terdapat batas waktu berupa tanggal dan jam untuk penjual merespon.
15. Konsumen bisa menunggu proses konfirmasi pengembalian barang COD Lazada maksimal 3 hari. Setelah itu cek pada menu Retur & Pembatalan
16. Ketika pengembalian disetujui konsumen harus memilih metodenya. Lanjutkan dengan menekan Pilih Metode Pengembalian
17. Berikutnya muncul menu metode pengembalian barang. Kamu bisa memilih cara pengembalian barang Lazada lewat J&T ataupun JNE dengan sistem drop off. Silahkan pilih salah satu jasa ekspedisinya.
18. Sesudah memilih ekspedisi tekan Selanjutnya
19. Berikutnya akan muncul batas waktu maksimal pengiriman barang COD ke jasa ekspedisi yaitu 3 hari. Dibawahnya juga akan muncul resi pengirimannya, supaya lebih mudah kamu bisa cetak label supaya tidak perlu lagi mengisi formulir di jasa ekspedisi. Silahkan tekan unduh label pengembalian
20. Akan muncul label customer return seperti dibawah ini dengan ongkir Rp.0. Berikutnya tinggal print label pengirimannya kemudian tempelkan ke paketnya.
21. Silahkan kemas kembali barang secara rapi, kemudian pada bagian luar kemasannya tempelkan label yang sudah diprint tadi. Contohnya akan seperti pada gambar dibawah ini.
22. Setelah paket dikemas silahkan kunjungi jasa ekspedisi yang dipilih baik J&T ataupun JNE. Serangkan paketnya kepada petugas disana kemudian pengirimannya akan diproses. Kamu bisa melacak perjalanan barang memakai nomor resinya.
23. Ketika barang COD sudah sampai ke seller maka pengembalian dana bisa dilakukan. Cek kembali status pengembalian barang COD di aplikasi Lazada, ketika selesai maka uang dikembalikan ke Lazada Credit konsumen.
Akhir Kata
Lantas bagaimana jika penjual tidak merespon pengembalian barang di Lazada? Ketika sudah 3 hari maka pengembalian barang akan diproses secara otomatis oleh Lazada sehingga kalian tidak perlu kawatir. Pada dasarnya cara pengembalian barang COD Lazada memang sangat berguna dimana dapat dilakukan siapapun.
Seperti CARA CEK RESI J&T AKULAKU kalian juga dapat memantau pengiriman barang memakai nomor resi di aplikasi. Semoga cara pengembalian barang COD Lazada diatas akan membantu kamu yang mengalami masalah paketnya tidak sesuai.