Paket AliExpress Tidak Sampai

Paket AliExpress Tidak Sampai – Siapa yang tidak kenal AliExpress? Salah satu marketplace retail online terbesar dari China menyajikan ribuan produk mulai dari gadget, elektronik, alat rumah tangga, olahraga, kesehatan, sepatu, fashion dan masih banyak lainnya. AliExpress memang sudah dikenal lama dikalangan buyer, terlebih kini Indonesia sudah masuk kedalam wilayah pemasarannya.

Namun banyak pelanggan mengeluhkan paket AliExpress tidak sampai dimana cukup membuat kecewa. Diakui AliExpress memang belum memiliki ekosistem dan jaringan pengiriman yang baik di Indonesia. Berbeda dengan CARA KIRIM BARANG COD JNE, AliExpress hanya menjalin kerjasama dengan ekspedisi luar negeri sehingga cakupan domestik masih dinilai kurang.

Bisa dikatakan kurir aliexpress di Indonesia masih sangat terbatas sehingga menyebabkan pengiriman delay atau terlambat sampai. Umumnya paket AliExpress sampai dengan estimasi waktu 15 sampai 20 hari atau bisa dikatakan 3 mingguan. Wajar bila pengiriman AliExpress banyak dikomplain karena memang membutuhkan waktu lebih lama dibanding marketplace lokal.

Memang konsumen AliExpress jumlahnya banyak sehingga tak jarang sampai menimbulkan antrian karena memang ada standar pengiriman yang harus ditaati. Sudah sewajarnya apabila membeli barang dari luar negeri harus menunggu lebih lama meskipun memang harganya jauh lebih murah dibandingkan marketplace lokal.

Kemudian jika mengalami paket AliExpress tidak sampai, apa yang harus dilakukan? Konsumen AliExpress masih bisa mengakses layanan customer service untuk mengajukan refund atau pengembalian dana. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penyebab serta cara mengatasi paket AliExpress tidak sampai dari Kuriran.id dibawah ini.

Kenapa Paket AliExpress Tidak Sampai?

Permasalahan paket AliExpress tidak sampai memang sering dijumpai terutama ketika sudah melebihi batas waktu yang ditentukan. Kadang terjadi AliExpress kiriman dibatalkan ditengah jalan ataupun memang kendala dari pihak bea cukai. Banyak pengiriman AliExpress kena pajak sehingga harus ditahan terlebih dahulu untuk pembayarannya.

Ketika barang AliExpress ditahan bea cukai memang sudah diluar wewenang seller, sehingga kita harus mengurusnya sendiri. Namun jika barang memang tidak sampai karena alasan non pajak maka kalian masih bisa refund atau mendapatkan pengembalian dana dengan meminta bantuan ke contact center.

Sebagai konsumen masih diberikan beberapa fasilitas supaya mendapat dananya kembali jika paket tidak sampai. Lantas apa saja penyebab paket AliExpress tidak sampai? Berikut ini sebab yang paling umum terjadi untuk tujuan pengiriman ke Indonesia.

  • Pesanan kalian belum dikonfirmasi AliExpress sehingga membutuhkan waktu. Karena sistem AliExpress bekerja otomatis bisa saja ada antrian ataupun hambatan saat memasukkan data pelanggan.
  • Pengiriman dibatalkan penjual karena alasan tertentu.
  • Paket tidak dikirimkan oleh penjual sedari awal sehingga tidak ada proses pengiriman yang terjadi.
  • Paket ditahan bea cukai dan dikenakan pajak sehingga konsumen harus mengurusnya sendiri.
  • Paket tertahan di daerah tertentu dan menunggu jadwal pengiriman selanjutnya.
  • Kalian salah memasukkan alamat ataupun data penerima sehingga menyebabkan hambatan saat proses pengiriman.
  • Paket mengalami kerusakan atau bahkan hilang dijalan sehingga tidak sampai ke tujuan.
  • Paket tertukar dengan barang lain sehingga tidak sesuai dengan data pengirimannya.

Cara Mengatasi Paket AliExpress Tidak Sampai

Kemudian bagaimana mengatasi paket AliExpress tidak sampai? Kalian dapat mulai dengan mengecek paket terlebih dahulu apakah sudah dikirimkan secara benar. Dari penyebab umum paling sering seller tidak mengirimkan barang sehingga memang data perjalanannya tidak ada.

Pastikan juga proses pesanan berjalan lancar dan tidak ada status pengiriman gagal sehingga memudahkan dalam proses komplain. Agar lebih mudah simak beberapa cara mengatasi paket AliExpress tidak sampai sebagai berikut.

1. Cek Konfirmasi Pesanan Paket

Pertama periksa apakah paket kalian sudah dikonfirmasi oleh penjual serta AliExpress. Setelah memastikan stock barang tersedia maka lakukan pembayaran. Selanjutnya AliExpress akan mengkonfirmasi pembayaran kalian kemudian status kirimannya menjadi menunggu pengiriman. Penjual akan mengirimkan barang sesuai pesanan kemudian diupdate di AliExpress.

2. Cek Apakah Paket Sudah Dikirim Penjual

Berikutnya kalian tinggal mengecek apakah paket telah dikirimkan penjual melalui menu orders. Tanda bahwa paket sudah dikirim adalah muncul tracking number dan juga informasi jasa logistik yang digunakan. Penjual memang harus mengirimkan paket sesuai batas waktu dari AliExpress, jika melebihi maka pesanan otomatis dibatalkan.

3. Cek Resi Paket AliExpress

Langkah berikutnya adalah memastikan paket dalam proses pengiriman, caranya cukup mudah kalian tinggal cek resi saja. Gunakan tracking number untuk melacak paket sesuai ekspedisi yang digunakan penjual misalnya Fedex, CAINIAO, Sen Hong, DHL dan lain sebagainya. Pastikan paket sudah dalam perjalanan dan muncul status pengirimannya.

4. Gunakan Live Chat Untuk Minta Refund

Selanjutnya ketika lebih dari 20 hari paket AliExpress tidak sampai maka kalian bisa langsung kontak live chat customer service. Fiturnya gratis kalian gunakan dan sangat bermanfaat jika paket hilang, rusak, salah alamat ataupun tertinggal diwilayah tertentu. Kalian cukup mengaksesnya pada website AliExpress kemudian bisa langsung mengajukan refund.

  • Kunjungi laman Bantuan AliExpress dan pastikan kamu sudah login akunnya.
  • Pada bagian menu contact customer service pilih My Orders.
  • Setelah itu masuk ke Chat Now
  • Tampil live chat AliExpress, lanjutkan dengan mengetikkan refund kemudian robot akan secara otomatis menjawab dan memberikan pilihan solusi.
  • Berikutnya pilih salah satu penyelesaian untuk pengembalian dana, ikuti petunjuknya hingga selesai.

5. Kontak Sosial Media AliExpress

Kemudian untuk mengatasi paket AliExpress tidak sampai kalian dapat juga meminta bantuan admin sosial media. Terdapat beberapa layanan mulai WhatsApp, Facebook serta Instagram dimana dapat digunakan untuk berkirim pesan gratis.

6. Open Dispute AliExpress

Langkah terakhir ketika tidak mendapat jawaban mengapa paket AliExpress tidak sampai kalian bisa membuka keluhan ataupun sering disebut open dispute. Secara langsung kalian bisa mengakses melalui menu orders kemudian komplain bahwa paket tidak sampai. AliExpress akan memeriksa permasalahan kemudian melakukan pengambilan keputusan untuk mengembalikan dana jika memang konsumen benar.

Akhir Kata

Pada dasarnya mengatasi paket AliExpress tidak sampai memang membutuhkan proses dan tidak bisa instan. Hal ini dikarenakan layanan call center dan kantor cabang AliExpress yang belum resmi hadir di Indonesia sehingga kurang optimal.

Berbeda dengan CARA MENGEMBALIKAN BARANG COD SHOPEE dimana hanya memakan waktu beberapa menit saja, proses refund AliExpress bisa berminggu minggu. Sebagai pelanggan kita memang harus bijak, ketika membeli barang dari luar negeri pastinya sudah siap menanggung resiko seperti barang tidak sampai, lama pengirimannya bahkan terhenti di bea cukai.