Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Cek Ongkir Dakota Cargo

Cara Cek Ongkir Dakota Cargo

Cara Cek Ongkir Dakota Cargo – Tarif pengiriman menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah perusahaan pengiriman di era modern seperti sekarang. Pasalnya semakin banyak perusahaan ekspedisi, persaingan untuk mendapatkan konsumen pun semakin sulit.

Maka dari itu, banyak orang yang ingin melakukan pengiriman barang akan selalu melakukan pengecekan tarif ongkos kirim terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan mana ongkir / tarif pengiriman yang murah / mahal.

Menariknya lagi, saat ini hampir semua perusahaan ekspedisi pun sudah memberikan kemudahan bagi setiap pelanggan untuk bisa melakukan cek ongkir / tarif pengiriman. Termasuk salah satu di antaranya adalah perusahaan ekspedisi ternama yakni Dakota Cargo.

Melalui situs resmi mereka, Dakota sudah menyematkan satu fitur unggulan yang memungkinkan setiap pengguna dapat melakukan pengecekan tarif pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Hanya saja, tidak sedikit dari mereka yang paham & tahu bagaimana cara melakukannya.

Oleh karena itulah sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan kali ini kuriran.id akan membuatkan panduan singkat tentang cara cek ongkir Dakota Cargo secara online. Jadi bagi kalian yang penasaran dan ingin mencobanya, silahkan ikuti panduan kuriran.id di bawah ini.

Perhitungan Volume Dakota Cargo

Adapun untuk dapat melakukan cek ongkir Dakota Cargo, setidaknya kita sebagai pengguna harus mengetahui estimasi berat paket yang akan dikirim menggunakan Dakota Cargo. Mengingat Dakota masih menerapkan sistem perhitungan volume.

Untuk itu, sebelum kita melangkah ke panduan tahap cara cek ongkir Dakota Cargo, berikut ini adalah perhitungan volume Dakota Cargo yang bisa kalian gunakan.

Seperti kami sebut di atas, Dakota masih menggunakan sistem perhitungan volume untuk menentukan tarif / ongkir. DImana perhitungan ini akan menggunakan metrik berdasarkan packing barang yang dikirim yakni:

Panjang x Lebar x Tinggi kemudian dibagi dengan angka 4000

Hasil dari perhitungan volume tersebut, nantinya kita hanya akan mengalikannya dengan berat per kilogram dari arah kota tujuan sesuai dengan data yang telah dikeluarkan oleh Dakota. Dimana untuk data tersebut kalian dapat lihat pada tarif Dakota Cargo yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Dari rumus tersebut maka kita bisa mengetahui berapa berat paket yang akan kita kirim menggunakan Dakota. Untuk dapat memudahkan kalian dalam memahami bagaimana cara menghitung berat paket, berikut kami contohkan perhitungannya.

  • Berat Barang: 35 kg (apabila ditimbang menggunakan timbangan)
  • Dimensi: Panjang 100 cm, lebar 50 cm, tinggi 30 cm

Maka jika mengacu pada rumus di atas kita dapat menghitungnya dengan

  • (P x L x T) / 4000
  • (100 x 50 x 30) / 4000
  • 150000 / 4000
  • 37.5 kg

Jadi angka 37.5 kg itulah yang akan kalian gunakan sebagai perhitungan untuk menentukan ongkos kirim menggunakan Dakota Cargo bukan lagi 30kg yang dihasilkan langsung dari timbangan berat.

Cara Cek Ongkir Dakota Cargo Online

Apabila sudah mengetahui seperti apa rumus perhitungan volume & berat dari paket yang akan kalian kirim menggunakan layanan pengiriman Dakota Cargo. Maka kalian pun sudah bisa mulai melakukan cek ongkir Dakota Cargo.

Bila memang belum mengetahui seperti apa langkah-langkahnya, berikut ini akan kami rangkum dan buatkan panduan lengkap tentang cara cek Ongkir Dakota Cargo online yang bisa kalian ikuti baik menggunakan HP maupun PC.

  • Langkah pertama silahkan buka situs resmi Dakota Cargo di alamat https://www.dakotacargo.co.id/.
buka situs resmi Dakota Cargo
  • Kemudian silahkan pilih menu Cek Tarif seperti kami tunjuk.
pilih menu Cek Tarif
  • Jika sudah silahkan masukkan semua detail informasi paket pada kolom yang sudah disediakan, mulai dari Lokasi Awal Pengiriman.
Masukkan Kota Asal 1
  • Kemudian kota tujuan lengkap dari Provinsi, Kota, Kecamatan, Kelurahan, hingga kode pos.
Masukkan Info Alamat Tujuan
  • Jika sudah kalia isi semua silahkan klik pada bagian cek tarif.
Klik Cek Tarif
  • Maka hasil perkiraan tarif ongkos kirim pun akan terlihat.
Onngkir Terlihat

Dari contoh cara cek ongkir Dakota Cargo di atas, bisa kita perhatikan bahwa pada hasil yang tertera kita akan melihat beberapa informasi mulai dari:

  • Jenis layanan tersedia
  • Metode jalur pengiriman
  • Ongkir Dasar / ongkir awal pengiriman
  • Minimal berat pengiriman per jenis layanan.
  • Ongkos kirim kg selanjutnya
  • Estimasi hari sampai.

Jadi bila kita mengacu pada contoh perhitungan berat volume di atas dan kita memilih menggunakan jenis layanan pengiriman reguler, maka total ongkos kirim yang harus dibayar adalah:

  • 20kg awal = Rp49.000
  • 17.5kg x Rp2.450 = Rp42.874
  • Total 37.5 kg = Rp49.000 + Rp42.874
  • Rp91.875

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya cara cek ongkir Dakota Cargo online yang kali ini dapat kuriran.id sampiakan dan jelaskan. Yang pasti dalam hal ini kita harus mengacu pada perhitungan volume Dakota Cargo seperti kami jelaskan di atas untuk mengetahui berapa kg paket yang akan kita kirim.

Namun dalam hal ini, kalian juga harus memahami berapa berat minimal pengiriman Dakota Cargo, sehingga kalian bisa benar-benar memaksimalkan ongkos kirim yang berlaku. Sekian semoga membantu dan bermanfaat.

Sumber Gambar: kuriran.id

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *