Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Cara Menolak Paket COD J&T

Cara Menolak Paket COD JT

Cara Menolak Paket COD J&T – Masalah Cash On Delivery atau COD memang belum dipahami benar oleh masyarakat Indonesia sehingga muncul banyak kasus yang melibatkan konsumen dengan kurir ekspedisi. Pada dasarnya layanan COD J&T merupakan pengiriman menggunakan sistem bayar ditempat. Jadi pengirim/seller menyerahkan paket ke cabang J&T ataupun bisa melalui kurir kemudian dikirimkan kealamat konsumen dan pembayarannya dilakukan ketika barang sampai.

Memang keuntungannya konsumen jadi dapat membayar harga barang sekaligus ongkos kirim secara cash setelah paket tiba ditujuan. Namun seringkali karena beberapa alasan sebagian orang memutuskan melakukan cara menolak paket COD J&T. Kami sebelumnya sudah membahas cara mengembalikan barang COD di TikTok Shop dimana harus sesuai dengan aturan.

Tentunya cara menolak paket COD yang sudah dikirim tidak bisa secara sembarangan karena akan merugikan pihak kurir. Sebagai bahan pengetahuan kurir J&T memang bekerja mengirimkan paket dengan sistem penilaian performa. Ketika ada satu paket bermasalah dan tidak bisa dikirimkan maka akan mempengaruhi performa penilaian kurir menjadi jelek dan target tak dapat tercapai.

Saat ini banyak kejadian kurir COD J&T mendapatkan ancaman bahkan kata kasar dari pelanggan karena tidak bisa membatalkan pesanannya. Padahal ketika isi paket tidak sesuai yang harus disalahkan adalah penjual atau sellernya. Demikian pula dengan proses pengembalian barang juga sudah ada aturannya sehingga wajib ditaati.

Semisal paket tak sesuai maka kamu bisa melakukan langkah untuk retur atau pengembalian barang. Saat ada paket COD J&T yang rusak atau bahkan hilang barulah kalian memiliki hak untuk komplain kepada kurir. Lantas bagaimana cara menolak paket COD J&T yang benar? Supaya lebih jelasnya silahkan simak rangkuman kuriran.id dibawah ini.

Apakah Barang COD J&T Bisa Dibatalkan?

Pembatalan COD J&T akan bergantung pada hasil komunikasi antara penjual dan juga pembelinya. Ketika barang tidak sesuai, hilang, paket rusak ketika diperiksa maka kalian dapat meminta pembatalan COD kepada seller. Sesuai dengan aturan J&T kalian bisa membatalkan pengiriman COD kemudian menjadwalkan ulang dihari berikutnya, namun tidak berarti pesanan dari seller dibatalkan.

Pesanan baru bisa dibatalkan ketika ditolak oleh pembeli dengan alasan yang sesuai kemudian barang akan dikembalikan kepada penjual. Memang tidak semua pengiriman dibatalkan terutama ketika konsumen tidak mau mengikuti aturan dan prosedurnya. Terlebih ketika menjumpai paket COD tapi tidak pesan maka secara otomatis kurir akan jauh lebih mudah mengkonfirmasi untuk pengembaliannya.

Alasan Menolak Paket COD

Memang ketika cara menolak paket COD J&T kamu perlu memberikan alasan yang kuat, tak dapat sembarangan karena merugikan pihak ekspedisinya. Sesuai dengan aturan berlaku ketika alasan disetujui maka untuk biaya pengirimannya akan ditanggung seller. Namun jika kesalahan dari sisi konsumennya seperti sudah buka paket dan minta dikembalikan maka bukan tanggung jawab J&T. Berikut ini beberapa alasan menolak paket COD yang masuk akal.

  • Konsumen tidak merasa melakukan pemesanan barang ataupun menggunakan layanan J&T. Dengan memberikan alasan ini didukung dengan bukti lengkap maka kurir akan mengembalikannya ke kantor cabang untuk dikembalikan kepada seller.
  • Saat paket rusak, tidak lengkap ataupun hilang kalian dapat menolak COD. Namun pastikan tidak membuka paketnya terlebih dahulu.
  • Alasan sudah menyepakati pembatalan pengiriman COD dengan penjual dengan memberikan bukti chat. Kemudian meminta proses pengembalian ke seller.
  • Ketika tak ada dilokasi pengiriman maka konsumen dapat mengatur jam COD dihari yang sama. Hal ini sering dilakukan ketika sedang jam kerja maka harus mencari waktu setelah pulang kerja.
  • Saat kalian tak memiliki uang untuk bayar COD J&T maka bisa meminta untuk melakukan pengiriman uang dimana dilakukan 1 atau 2 hari kemudian. Jadi paket yang datang dapat ditolak dulu untuk dijadwalkan ulang COD berikutnya.

Alasan menolak paket COD J&T memang harus diberikan agar kurir memiliki bukti kuat sehingga tidak timbul permasalahan baru. Jangan sampai karena ingin menolak paket menggunakan emosi tanpa tahu sistem kerjanya. Terlebih jika COD J&T dari toko online pastinya ada fasilitas pengembalian paket sendiri sendiri.

Cara Menolak Paket COD J&T

Lantas bagaimana cara menolak paket COD ke kurir? Pada dasarnya kalian dapat menolak paket jika memang dari kemasannya rusak ataupun bahkan hilang ditengah jalan. Sesuai aturan ketika sudah membuka paket kalian harus membayar harga barang berikut ongkos kirimnya. Jadi jangan buka terlebih dahulu silahkan periksa apakah kemasannya bermasalah atau tidak.

Ketika tidak dijumpai masalah barulah kalian bisa membuka paket, jangan lupa divideo ataupun foto sebagai bukti. Saat isi barangnya tidak sesuai kamu seharusnya komplain ke seller bukanya kurir. Jadi untuk cara menolak paket COD J&T silahkan simak beberapa langkah dibawah ini.

1. Menolak Paket Karena Tidak Merasa Pesan

Cara pertama ketika kamu tidak merasa memesan barang dengan sistem COD maka bisa menyampaikan kepada kurir secara langsung. Semisal cara menolak paket COD Shopee namun kalian tidak order online, maka dapat membuktikannya dengan tampilan aplikasinya. Ketika memang kamu tidak memsan maka kurir akan mengkonfirmasi pengembalian barangnya kegudang.

Selanjutnya paket akan dikembalikan ke seller sesuai layanan pengiriman yang digunakan sebelumnya. Hal ini juga termasuk cara menolak paket COD penipuan karena kita tak melakukan orderan apapun. Konsumen memang memiliki hak penuh kemudian kurir COD J&T akan membantu menyelesaikannya.

2. Kontak Seller

Ketika pesanannya belum dikirim ataupu sudah sampai kalian dapat kontak langsung seller untuk menolan paket. Hal ini tentunya didasari alasan paket rusak, isinya tidak sesuai ataupun ada yang hilang. Ketika paketnya dari personal seller maka akan bisa dikembalikan langsung. namun berbeda dengan yang menggunakan sistem toko online dimana harus ada prosedur komplain terlebih dahulu.

Jadi laporkan kepada penjual bahwa kamu menolak paket COD J&T karena alasan tertentu. Ketika disetujui permintaannya maka proses berikutnya tinggal membatalkan ke jasa ekspedisi J&T. Serahkan juga bukti chat ataupun percakapan dengan penjual dimana dipakai untuk verifikasi kurir J&T.

3. Meminta Jadwal Ulang COD

Cara menolak paket COD J&T berikutnya adalah dengan menjadwalkan ulang pengirimannya. Misalnya kamu sedang tidak punya uang ataupun tak berada dilokasi COD maka bisa meminta kepada J&T untuk menjadwalkan ulang. Kamu bisa memilih waktu beberapa jam pengiriman dihari yang sama, ataupun 1 sampai 2 hari berikutnya.

4. Menolak Karena Paket Rusak atau Hilang

Lalu cara menolak paket COD J&T berikutnya ketika dijumpai terjadi kerusakan dibagian segel ataupun kemasannya. Apalagi jika paket sudah terbuka sebelum sampai maka kamu memiliki hak untuk menolak. Kemudian jika paket hilang dan tidak ditemukan kamu juga berhak menolak. Nantinya kurir yang bertanggung jawab karena paket kalian kemasannya rusak atau bahkan hilang saat pengiriman.

Akhir Kata

Sebelumnya kami sudah membahas cara mengatasi percobaan terlalu banyak di TikTok Shop. Demikian pula ketika paket COD sudah berkali kali gagal dikirimkan maka secara otomatis dikembalikan kembali kepada penjual/pengirim. Pada dasarnya cara menolak paket COD J&T memang harus didasari dengan alasan yang benar seperti yang kami jelaskan diatas.

Khalid Mantan Karyawan Kurir Pengiriman di Salah Satu Perusahaan Jasa Pengiriman di Indonesia, Yang Saat Ini Aktif Menjadi Penulis di Website Kuriran.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *